Lihat ke Halaman Asli

TimKKN5

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Ciptakan Lingkungan Bersih Tanpa Sampah

Diperbarui: 20 September 2023   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar. Membersihkan Lingkungan dengan Masyarakat. dokpri

Pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, telah dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di desa Pantang Baru, Kec. Tabukan, Kab. Barito Kuala. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammdiyah Banjarmasin dan juga dibantu oleh masyarakat sekitar yang ada di Desa Pantang Baru.
 
Pentingnya menumbuhkan kesadaran dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah yang dapat mengganggu kehidupan sehari-sehari, terutama dapat terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan dari sampah dan juga dapat membantu mencegah daripada penyebaran penyakit. Sampah juga dapat mempengaruhi kualitas udara yang dihirup, dengam kita menjaga lingkungan agar tetap bersih dapat meningkatkan kualitas hidup kita, karena udara merupakan sumber daya alam yang sangat berharga bagi kehidupan kita.
 
Pada kesempatan kali ini seluruh tim dan warga Desa Pantang Baru ikut serta dalam mengambil maupun membersihkan sampah di sekitar lapangan futsal yang berdekatan dengan masjid. Dikarenakan adanya sebuah acara Futsal Kades Cup yang di selenggarakan di desa tersebut, maka banyak nya sampah yang berserakan akibat dari masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Hal tersebut membuat lingkungan lapangan futsal dan lingkungan masjid sekitar terlihat kotor dan tidak bersih.
 
Warga dengan pernuh semangat membantu mengumpulkan sampah yang berserakan, dan terdapat beberapa anak yang sangat semangat dalam membantu membersihkan lingkungan.
 
Banyak manfaat yang didapatkan jika lingkungan kita bersih, seperti terhindar dari penyakit, penghirupan udara yang segar, indah nya jika terlihat oleh mata, dan banyak manfaat positif lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan gotong royong ini dapat menumbuhkan semangat kita untuk selalu menjaga kebersihan dan menumbuhkan rasa cinta alam sejak dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline