Lihat ke Halaman Asli

Tiktok Karnavian

Like Keith Richards, I am happy to be anywhere

Bupati Berau: Maksimalkan Lagi Pemanfaatan ADK

Diperbarui: 27 Maret 2020   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto : Berau.prokal

Dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), bupati Berau, H.Muharram, tidak bosan-bosannya mengingatkan kepala kampung untuk selalu memaksimalkan pemanfaatan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang diberikan pemerintah pusat tiap tahunnya. Target dari pemberian ADK ini adalah kemandirian kampung. 

Sesuai target yang disampaikan oleh presiden Joko WIdodo, dua target utama yang harus dicapai dalam pemanfaatan ADK diantaranya menciptakan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan di kampung-kampung. 

Pemkab berharap pengelolaan ADK dapat menciptakan kemandirian kampung. Selain itu, Pemda setempat juga telah memberikan 300 juta untuk membantu Badan Usaha Milik Kampung (BUMK). 

Selain itu, setiap kampung juga mendapatkan 200 juta dari ADD untuk memodali usaha rumahan. Dengan modal itu diharapkan pemerintah kampung dapat mendorong masyarakatnya untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usahanya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Berau mencontohkan daerah Bone, Kalimantan Timur yang dapat memanfaatkan lahan seluas 10x 10 meter persegi yang dapat menghasilkan 1 juta rupiah per 20 hari. 

Untuk merealisasikan menggunaan ADK yang tepat guna ini, bupati rutin melakukan evaluasi ke kampung-kampung yang telah menjalankan program sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline