Lihat ke Halaman Asli

Sejarah Internet dan Pemanfaatannya secara Sehat

Diperbarui: 1 September 2022   10:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Aktifitas manusia telah ditunjang melalui penggunaan internet bahkan setiap hari dan saat penggunaan internet diberbagai dunia tidak pernah nonstop, dengan melihat penggunaan smartphone dan internet yang tiap tahunnya meningkat. 

Data Portal perusahaan riset menyebutkan bahwa terjadi peningkatan hingga 3,6% dari tahun 2021, sehingga pada Januari 2022 di Indonesia mencapai 370,1 juta perangkat seluler yang terkoneksi dengan internet. Artinya bahwa 73,7% dari populasi Indonesia telah aktif menggunakan internet. (Jemadu & Prastya, 2022).

Ini disebabkan karena kebutuhan akan teknologi sangat membantu memudahkan manusia dalam menjalankan aktifitasnya. Terlebih saat pandemi Covid-19 yang mengaruskan masyarakat beraktifitas di rumah. 

Banyaknya aktifitas manusia yang melibatkan internet maka perlu dibarengi dengan penggunaan internet yang sehat pula. Mudahnya mengakses berbagai layanan, informasi, konten, pengetahuan dengan mudah dan cepat. 

Dibalik itu ada dampak buruk dari penggunaan internet yang mudah, seperti berbagai macam kejahatan dan penipuan yang dapat merugikan orang lain. (Puspitasari dkk, 2020:42). 

Disisi lain internet sangat membantu kita agar bisa tetap terhubung dengan orang lain tanpa bertemu langsung. Bekerja, belajar, hiburan, mencari dan menyebarkan informasi dilakukan secara daring.

Lalu bagaimana awal kemunculan internet ini?

Sejarah Internet

Tahun 1957 kemunculan internet bermula saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dalam Hobbes' Internet Timeline, bahawa departemen pertahanan ini ingin mengembangkan teknologi untuk keperluan militer dengan mulai meluncurkan satelit Sputnik ke luar angkasa.

Kemudian pada tahun 1960an jaringan komputer dibuat melalui ARPANet (Advance Research Project Agency Network) yang mulai berjalan tahun 1969, ini kemudian menjadi awal dari kemunculan internet.

Internet merupakan singkatan dari interconnected network yang merupakan suatu jaringan yang menghubungkan berbagai perangkat secara universal. (Widodo, 2019:3).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline