Lihat ke Halaman Asli

Tiknan Tasmaun

Praktisi herbal sekaligus blogger

Nafsu Politik: Virus-virus yang Menyebar di Kompasiana

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Akhir-akhir ini banyak virus yang cepat menyebar di Kompasiana Rumah Sehat Kita Bersama ini. Ada beberapa macam virus yang cepat berjangkit yaitu diantaranya :

1. Virus Logika jungkir balik.

2. Virus akun nasi bungkus.

3. Virus akun abal-abal kloningan plus narsisme.

Anak saya yang  sekolah kelas tiga SMU milik salah satu Yayasan Ponpes kebetulan pembaca setia Kompasiana , walaupun dia belum menjadi 'member'. Berkali-kali dia  bertanya tentang logika jungkir balik yang sering dia jumpai pada banyak artikel yang ditulis kawan kita -seorang pakar "Writer, Trainer dan Public Speaker" dari Bandung itu.

Saya sendiri juga tidak habis fikir terhadap berbagai argumen yang dibangun diatas dasar logika jungkir balik. Misalnya tentang dalih sekuler liberalis yang selalu dilemparkan kepada lawan debat dan teori konspirasi yang 'muter-muter bin jlimet' .

Sedangkan fenomena akun nasi bungkus ini bermunculan setelah putaran pertama pilgub DKI. Tujuan utamanya jelas : kampanye terhadap calon tertentu. Misalnya kampanye  : "memilih pemimpin seiman". Padahal bagi kaum muslim Jakarta dalam  pilgub putaran kedua ini tidak menjumpai masalah karena kedua-dua kandidat cagub sama-sama muslim.

Tentang akun nasi bungkis ini Sdr. Posma Siahaan dalam tulisannya “Menjunjung Tinggi Azas Praduga Tidak Bernasi Bungkus”, beliau menerangkan ciri-ciri akun nasi bungkus sebagai berikut :

1.Akun-akun itu baru muncul sesudah putaran pertama (pilgub DKI), karena ingin mengimbangi perang kampanye di dunia maya yang sebelumnya tidak tergarap dengan baik.

2.Gaya bahasa mendukungnya semurahan nasi dari beras lapuk berkutu yang lama tersimpan di gudang.

3. Membungkus dukungannya dengan data-data bermutu serendah kertas murahan dan daun pisang layu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline