Lihat ke Halaman Asli

Tika Supartika

SMKN 12 Garut

Kluwih Sayur Unik untuk Kesehatan

Diperbarui: 8 Mei 2024   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Kluwih  merupakan buah yang sudah langka saat ini, selain enak untuk dijadikan sayur sebagai teman nasi dengan kuah yang menarik ditambah rempah-rempah nusantara akan menjadi spesial bagi penikmat sayur langka ini. Karena sayur langka ini sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan.  Walaupun ketika mengolahnya harus benar-benar bersih dari getah. Untuk menghasilkan rasa dan tekstur yang enak dan bagus ketika mengolahnya harus mengikuti prosedur yang tepat. Dari mulai memilih buah yang cukup untuk dipanen, mengupasnya, membuang getah, merebusnya sampai matang lalu mengolahnya sampai lunak. 

Setelah semua prosedur selesai baru menyiapkan bumbu untuk dihaluskan kemudian menumisnya sampai harum, masukkan kluwih yang sudah direbus dan diaduk sampai rata, selanjutnya masukkan santai dana bumbu lainnya. Setelah mendidih tuangkan ke dalam wadah. Itulah cara mengolah sayur kluwih dengan baik dan mudah, sajikan dan nikmati dengan nasi hangat. Sayur yang kaya akan manfaat memiliki kandungan protein, mengandung lemak tak jenuh, menambah hemoglobin, mencegah gangguan kelenjar limfa, mengatasi gangguan pencernaan, badan menjadi fit, mengilangkan lemak, menurunkan berat badan,  mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Sayur kluwih ini menggugah selera dengan rasa yang khas dan jarang ditemukan apalagi saat ini, tanamaan tersebut menjadi langka. Buah yang memiliki warna hijau tersebut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa selain dikonsumsi bijinya dan dapat jadikan sayur memiliki Kulit yang keras dan berduri. Namun apabila sudah menjadi sayur rasanya tak terkalahkan.

  https://kecipir.com/blog/tips-dan-trik/10-manfaat-kluwih-untuk-kesehatan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline