Lihat ke Halaman Asli

Tika Ratna

Masiswa universitas Muhammadiyah Jember

Psikoedukasi Game Online Napza di SDN 02 Sukosari oleh Mahasiswa KKN Kelompok 02 Universitas Muhammadiyah Jember

Diperbarui: 16 Maret 2023   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

           Rabu, 1 Maret 2023 mahasiswa KKN Kelompok 02 memberikan psikoedukasi kepada siswa kelas 3-6 terkait dampak game online dan bahaya mengkonsumsi napza. Kegiatan ini diketuai oleh mahasiswa psikologi semester 8 yang bertujuan agar siswa memahami tentang dampak negatife dari game online dan napza. Hal ini dilakukan karena pada era ini gadget merupakan suatu kebutuhan primer bagi setiap individu sehingga gadget dapat diakses oleh berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Menurut Hurlock, kategori anak dimulai dari usia 2-12 tahun. Sedangkan kategori remaja dimulai dari usia 13-18 tahun, dan usia selanjutnya memasuki usia dewasa.

           Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan psikoedukasi kepada anak-anak SDN 02 Sukosari tentang bahayanya gadget lebih tepatnya penggunaan game online dan narkoba yang berjenis lem,komix dan jamur kepong.  Harapan besar dari penyuluhan ini dapat mencegah penggunaan game online yang berlebihan dan mencegah penggunaan narkoba. Karena dampak dari penggunaan game online dan narkoba ini dapat mengganggu pola fikir pada anak dan mengurangi motivasi belajar pada anak. Jadi sangat di sarankan bahwa dengan adanya psikoedukasi seperti ini diharapkan anak bisa mengurangi penggunaan gadget dan game online, serta menjauhi narkoba sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline