Lihat ke Halaman Asli

Aksi Sosial Dental Screening di JIS - Mempersiapkan Diri Menjadi "Global Citizen"

Diperbarui: 4 Desember 2015   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ada yang berbeda pada pagi hari pada hari Minggu di Jakarta Intercultural School (JIS). Terlihat banyak anak-anak, yang terlihat bukan dari murid JIS sedang berkumpul untuk mengadakan kegiatan di JIS. Anak-anak yang berasal dari komunitas Panti Asuhan Akhiruz Zaman Bekasi dan Yayasan XS Project untuk para pemulung dan tukang sampah datang ke JIS untuk melakukan pemeriksaan, perawatan, serta edukasi gigi secara gratis. Selain anak-anak dari panti asuhan Akhiruz Zaman, terdapat juga ratusan anak dari Kampung Pemulung yang merupakan binaan dari XS Project di Cirendeu, Banten.

Siswa-siswi SMA JIS bersama yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) mengadakan "Dental Screening Day" yang menyasar pada anak-anak yang berasal dari golongan anak kurang mampu. Tujuan utama kegiatan "Dental Screening" ini adalah edukasi perawatan gigi, bagaimana anak-anak dapat merawat giginya agar tidak mengalami sakit gigi.

"Kita mendampingi dan memberikan pemahaman pada anak-anak itu, bahwa gigi mereka harus dijaga agar tidak rusak dan bolong. Sebab kalau sudah rusak atau bolong, kan mereka sendiri yang akan rugi tidak bisa berobat," ucap Victor Palepessy, Koordinator dari OBI.

Uniknya, siswa-siswi JIS inilah yang melakukan kegiatan, mulai dari pendaftaran kegiatan, pemeriksaan secara umum, serta edukasi terkait kesehatan gigi. Sedangkan pada saat pemeriksaan gigi, mereka hanya diizinkan untuk memperhatikan para tenaga ahli dari OBI. Interaksi antara anak-anak peserta Dental Screening dengan siswa-siswi JIS ini terlihat sangat akrab. Mereka terlihat sangat antusias dengan acara yang diadakan. Siswa-siswi JIS terlihat tidak canggung saat berinteraksi dengan anak-anak

 

Hebatnya, acara ini terselenggara berkat inisiatif dari sejumlah siswa SMA JIS yang mengajukan permohonan kepada sekolah untuk mengadakan program pemeriksaan gigi gratis. Inisiatif dari murid JIS ini didukung oleh Anne Andrews, High School Service Learning Coordinator.

 

Menurutnya, pihak sekolah sangat mendukung hal tersebut karena sangat sejalan dengan misi JIS yang selalu mengasah kepedulian terhadap isu-isu sosial di masyarakat. Tambahnya, acara ini bertujuan untuk membuka akses kesehatan serta edukasi bagi anak-anak yang kurang mampu.

"Banyak anak-anak ini yang tidak pergi ke dokter gigi karena keterbatasan biaya dan tidak terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)." jelasnya.

Tercatat tidak hanya kegiatan "Dental Screening" yang menjadi agenda sosial bagi JIS. Sebelumnya, JIS telah mengadakan berbagai kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang dianggap kurang mampu. JIS mengundang anak-anak panti asuhan Akhiruz Zaman setiap 2 minggu sekali untuk melakukan kegiatan belajar bersama. Selain itu, JIS juga mengadakan kegiatan membangun rumah layak huni di desa Bojong Koneng, Sentul yang diadakan 2 minggu lalu.

Persiapan Menjadi "Global Citizen”

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline