Lihat ke Halaman Asli

Breads Mom: Sebuah Hadiah Manis untuk Sang Ibu

Diperbarui: 10 Januari 2022   02:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Sudah tak terhitung lagi tagar yang bertebaran di sosial media mengenai dukungan untuk para pengusaha UMKM. Mengapa bisa disebut UMKM? Pemerintah pun sudah menetapkan standarnya sendiri yang terkait dengan omzet, jumlah kekayaan sampai jumlah karyawan yang bekerja di bisnis tersebut. Biasanya UMKM dijalankan secara individu atau dengan badan usaha berskala kecil. Selalu menjadi hal yang menarik saat membicarakan UMKM, terutama mengingat latar belakang nya yang bervariasi, butuh tekat dan semangat yang luar biasa untuk menjalani suatu hal yang mengemban resiko besar. Salah satu UMKM yang masih terus berkembang serta memiliki tempat spesial di hati para pelanggannya adalah Breads Mom, yang pada dasarnya merupakan sebuah toko bakery and cakes sederhana dengan kualitas apik nan lezat, yang terletak di Kota Bogor. Kami berkesempatan untuk hadir langsung di toko Breads Mom, untuk icip - icip dan mengikuti proses pembuatan beberapa produk sampai ngobrol - ngobrol asyik dengan pemiliknya yang sangat ramah. 

First Impression kami saat kali pertama menginjakkan kaki di toko Breads Mom adalah aroma roti nya yang semerbak. Benar - benar bikin lapar dan penasaran, kalau aroma nya saja seperti ini, rasanya kayak gimana, ya?. Kami bertemu dengan Chef Okti Lestari yang merupakan pemilik serta koki dari bisnisnya sendiri. Selain dengan Chef Okti, kami juga berbincang - bincang dengan Abil yang merupakan adik sepupu dari sang pemilik yang turut membantu dalam operasional Breads Mom sehari - hari. Breads Mom memiliki dua karyawan yang bekerja membuat adonan di dapur sehingga setiap produk dalam display merupakan produk yang fresh from the oven yang berarti baru dimasak pada hari itu juga, sehingga untuk kualitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan. Keahlian utama dari Chef Okti memang untuk memasak desserts atau makanan penutup, maka dari itu produk - produk sampai merk utama yang diusungkan adalah makanan - makanan manis seperti roti, dessertbox, jajanan - jajanan pasar, kue tart, cinnamon roll dan sebagainya sampai makanan custom, yang juga mengikuti trend atau minat pasar yang sedang berlaku di tengah masyakarat, cukup banyak modifikasi dalam inovasi menu Breads Mom. Namun, walaupun Chef Okti adalah spesialis makanan penutup, bisnisnya juga melebarkan sayapnya dengan menjual makanan savourty sampai frozen food, seperti; burger, lasagna, kebab, spaghetti sampai nasi liwet. Mereka juga menerima pesanan katering yang justru adalah awal mula Breads Mom mendapatkan pesanan yang berlimpah.

Namun, ternyata perjuangan Chef Okti tidak sesederhana yang terlihat. Butuh darah, keringat dan air mata untuk mencapai titik ia sekarang. Setelah mengulik mengenai sejarah Breads Mom, Chef Okti mengungkapkan inspirasi utamanya menjalani bisnis ini. 

"Awal mula tidak dibranding, awalnya ini adalah usaha orang tua, hanya menerima katering dan tidak ada brand. Setelah mama meninggal tahun 2014, saya tergerak untuk mulai bikin perizinan, resign total dari pekerjaan saya jadi chef, karena keinginan mama dari dulu adalah agar saya lanjutkan bisnis nya menjadi lebih besar. Katanya, jangan begini - begini aja, kalau saya kerja sama orang terus kapan berkembangnya." Ucap Chef Okti. "Saat mama sudah gak ada, rasanya terpukul sekali. Saya akhirnya nurut sama kata mama, benar - benar merintis dari nol, mulai dari titip jual di warung, kantin sekolah, dari situ, saya punya keinginan lebih."

Chef Okti melanjutkan bahwa Breads Mom sendiri berawal dari seorang Ibu yang selalu semangat membuat roti dan konsumennya sendiri mayoritas adalah ibu - ibu. Bisnis ini adalah salah satu dedikasi yang manis dan indah untuk orang tua nya yang sudah tiada. Walau Chef Okti pada mulanya memang tidak memiliki ijazah atau sertifikat khusus tata boga, namun ia sejak kecil sudah sering membantu dan memperhatikan ibu nya yang memasak, terutama kue - kue di dapur. 

Saat pertama merintis pun, perjalanan Chef Okti diiringi beribu kerikil yang terasa seperti tidak ada habisnya. Ia kesulitan mencari customer dan memperkenalkan produknya kepada khalayak. Bisnisnya seperti kehilangan arah sampai akhirnya datang tawaran untuk menyediakan katering roti untuk acara besar pemerintahan sebanyak 30.000 massa. Chef Okti melalui sebuah tes rasa dengan dua brand besar lainnya dan lolos. Walau, minim alat dan karyawan, ia langsung meminta bantuan teman - temannya untuk membuat roti untuk acara tersebut. Sungguh sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan, bagaimana hectic dan mendebarkannya peristiwa tersebut. Namun, pada akhirnya ia berhasil menjalankan tugasnya, sampai setelah acara tersebut berlalu, Chef Okti dapat memperkenalkan Breads Mom terhadap khalayak luas berkat salah satu acara TV, dimana ia berbincang langsung dengan Sandiaga Uno. Dari pengalaman ini lah, banyak sekali pers yang ingin mewawancarai Chef Okti atas perjalanannya bahkan sampai memintanya untuk menjual kisah sedih dari kepergian Ibunya. Namun, ia seringkali menolak, karena menurutnya Breads Mom ini adalah suatu surat cinta darinya terhadap seorang ibu yang tidak bisa dimengerti semua orang, serta ia percaya bahwa kesuksesan Breads Mom ini terletak pada kualitas produk yang ditawarkan. Setelah wawancara Chef Okti pun, tidak sedikit orang yang datang langsung ke toko Breads Mom untuk mencicipi secara langsung dan memborong produk - produknya. Menurut Chef Okti, ini adalah sebuah jalan dan kesempatan baru yang terbuka lebar untuk bisnisnya. 

Sudah bertahun - tahun Chef Okti menjalankan bisnis Breads Mom yang kualitasnya terus menerus meningkat, sehingga tak heran jika pelanggan setianya pun sudah tak terhitung dan selalu repeat order. Seperti kata beberapa pelanggan di google reviews.

"The best bakery in town.. The owner's hospitality above all is the best you can find here. This local bakery has the best sweet bread, frozen food also available such as : lasagna, kebab, pastel, puff pastry, etc.", tulis Noey Ngebolang.

"Semua yang udah pernah dibeli enak enak semua,pokoknya kalo ke bogor jadi wajib ke breads mom,bawa pulang camilan camilan favorit dari sini,kualitas roti2,soes,kebab,burger,kue kue keringnya,kualitas premium tapi harga masih terjangkau", tulis Kinan Naima Anjani, pelanggan lain dari Breads Mom.

"Toko roti terenakkkk di bogor pokoknya the best banget ❤️ Semua yang udah pernah dibeli enak enak banget pokoknya. Pertama nyobain tuh nyobain korean cakesnya pertama kali coba nyessss rasanya enak banget, sampe beli lagi 😁 pokoknya semua roti, kebab,dan menu lainnya itu kualitasnya premium dan harganya terjangkauuuuu bgt ❤️❤️❤️ Kalian harus cobain dan mampir ke Breads Mom Bakery and Cakes.", tulis Syifa Nurul Shofwaty. 

Jika kamu tertarik untuk langsung mampir dan icip -icip ke toko Breads Mom, kamu bisa langsung hadir di Jl. Bantar Kemang, RT.01/RW.13, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143 atau mencari Breads Mom Bakery and Cakes di maps kamu. Dijamin gak akan menyesal!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline