Lihat ke Halaman Asli

Tiffany PuspitaDewi

Universitas Djuanda Bogor

Inovasi Produk Brownies Renyah Gluten Free Kolaborasi Mahasiswa Teknologi Pangan dan Gizi Universitas Djuanda Bogor Dengan Siengkong TapiOK

Diperbarui: 9 Januari 2024   20:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Crisp Brown Siengkong TapiOK/Dok Pribadi

Tak sedikit orang yang menyukai brownies sebagai bahan kudapan yang lezat. Aroma cokelat, rasa yang manis dan teksturnya lembut, membuat setiap orang yang mengkonsumsi brownies menjadi ketagihan.

6/12/2023 Kelompok 3 Praktikum Terpadu Jurusan Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda Bogor melakukan kolaborasi dengan mitra Siengkong TapiOK, yaitu menginovasi produk brownies yang semula bertekstur lembut kini memiliki tekstur yang renyah.

Selain Teksturnya yang renyah, brownies dengan merek “Crisp Brown” ini tidak memiliki kandungan gluten dan memiliki kandungan tinggi serat karena terbuat dari tepung singkong dan tepung edamame. Sehingga produk inovasi “Crisp Brown” ini dapat aman dinikmati oleh kalangan balita hingga lansia.

"Bahan baku siengkong tapiOK berasal dari petani lokal Indonesia yang terlatih dari mulai budidaya sampai panen. Keterlibatan siengkong tapiOK tidak hanya dalam industri peyerapan bahan baku khususnya pangan lokal di Indonesia, tapi juga  standar dalam pelestarian lingkungan dan perbaikan taraf hidup para petani dan komunitasnya".  Ujar Kak Ayu Kusuma selaku owner Siengkong TapiOK

Rasa "crisp brown" memiliki keunggulan yang terletak pada penggunaan substitusi tepung siengkong dan tepung Edamame, "crips brown" memiliki bentuk yang tipis serta teksturnya yang renyah saat digigit, yang membedakan hanya penambah cita rasa Rempah dari kayu manis, sehingga rasa kayu manis akan terasa saat dikonsumsi serta rasa coklat dan topping keju akan sangat terasa dan perpaduan coklat dan keju yang tidak pernah salah.

Rempah-rempah terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh karena kaya akan antioksidan dan sebagai flavor pada "Crips brown" dan Untungnya Indonesia kaya akan rempah-rempah tradisional sehingga mudah sekali untuk didapatkan. Salah satu rempah yang terbukti memiliki banyak manfaat adalah kayu manis, selain kayu manis yang di gunakan. Manfaat lain pada penambahan tepung Edamame pada "crips brown" ialah kandungan nutrisi dalam edamame. Kacang kedelai ini mengandung banyak protein, serat, hingga isoflavon yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan.

Yuk, Nikmati keharmonisan antara cokelat yang lezat dan sensasi krispi yang memikat dengan sentuhan rasa rempah kayu manis yang hangat. Sajikan kelezatan istimewa!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline