Lihat ke Halaman Asli

Tien Yulianti

Dosen, Instruktur Pengembangan Kepribadian, Pengembangan Karakter, Public Speaking, dan Praktisi Pendidikan, Asesor BAN S/M

Jurnalisme Kebangsaan dan Kepercayaan Diri Berkreativitas

Diperbarui: 15 April 2023   04:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnalisme Kebangsaan dan Kepercayaan Diri Berkreativitas

Jurnalisme Kebangsaan merupakan sebuah istilah yang menggambarkan kesadaran masyarakat untuk memiliki keterampilan dan kepercayaan diri dalam mengekspresikan diri. Jurnalistik merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kreatifitas masyarakat dalam mengekspresikan ide dan opini yang ingin disampaikan. Jurnalisme Kebangsaan memotivasi masyarakat untuk menyadari bahwa setiap anggota masyarakat yang merupakan bagian dari warga negara dapat menunjukkan kepeduliannya melalui karya yang dihasilkan terutama dalam bentuk digital creativity.

Kognisi.id memberikan kesempatan kepada warga masyarakt untuk memahami dan berlatih berkreatifitas melalui tulisan, kegiatan tersebut diberi nama Jurnalisme Kebangsaan. Pada kegiatan ini, peserta diberi penjelasan mengenai banyak hal yang terkait dengan pemahaman mengenai jurnalistik. Kognisi.id adalah merupakan produk yang dihasilkan oleh Growth Center yang menjadi bagian dari Kompas Gramedia. Seperti yang kita ketahui bahwa Kompas Gramedia merupakan wadah jurnalistik yang telah memiliki nama besar dan telah menghasilkan banyak tulisan-tulisan yang berkualitas.

Jurnalisme Kebangsaan dilaksanakan dengan tujuan merawat nilai kebangsaan dan memperkuat keterampilan jurnalisme. Pelatihan Jurnalisme Kebangsaan adalah melatih peserta untuk menyadari bahwa ide dan opini dapat dituangkan dalam berbagai macam hal, antara lain berbentuk tulisan, afirmasi, maupun melalui gambar. Melalui Kognisi.id, peserta diberi kesempatan mengikuti kursus menulis secara gratis yang bertujuan membantu peserta mengembangkan diri melalui jurnalistik.

Pada kesempatan ini, saya pun ikut ambil bagian menjadi peserta dan mendapat kesempatan untuk memilih 2 kursus yang menjadi minat saya. Saya memilih "Menciptakan Konten Kreatif Dan Memperluas Jangkauan Bisnis Melalui Blog" dan "Bagaimana Caranya Menulis Seperti Wartawan". Alasan saya memilih kedua topik tersebut adalah karena saya merupakan praktisi pendidikan dan topik tersebut sangat diperlukan sebagai penunjang dalam lingkup kegiatan pekerjaan saya.

Pada topik "Menciptakan Konten Kreatif Dan Memperluas Jangkauan Bisnis Melalui Blog", peserta diberikan pemahaman mengenai bagaimana menciptakan Personal Branding melaui tulisan yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Sebagaimana tujuan yang ditargetkan pada pelatihan di topik ini bahwa kita menyadari bahwa saat ini peluang untuk berekspresi dan berkarya di internet, khususnya di berbagai media online sudah semakin luas. 

Berkarya di berbagai media online tentunya memiliki potensi yang baik untuk menciptakan sumber penghasilan. Melalui kursus ini, peserta belajar bagaimana media online, seperti blog dapat memberikan kita sumber penghasilan dengan cara menciptakan berbagai konten kreatif. Tidak hanya itu, kursus ini juga akan memaparkan bagaimana seluruh konten kreatif yang kita buat dapat memperluas jangkauan bisnis yang kita jalani.

Topik yang kedua adalah "Bagaimana Caranya Menulis Seperti Wartawan" memberikan pemahaman mengenai pengertian jurnalistik dan mengenal lebih dekat dunia jurnalistik dan mendalami teknik penulisan yang dapat diaplikasikan ke berbagai platform. . Kursus ini mencakup beberapa bagian, seperti berikut: 1. Apa itu jurnalisme?, 2. Pemahaman soal berita, 3. Teknik menulis; 4. Hard news dan feature dan 5. Tips menulis. 

Setiap bagian ditujukan untuk peserta mengenal lebih dekat tentang dunia jurnalistik dan mendalami teknik penulisan yang dapat diaplikasikan kepada bentuk-bentuk tulisan umum lainnya. Dalam dunia jurnalistik, seorang jurnalis bekerja sangat dekat dengan tulisan, sehingga memiliki kemampuan menulis yang baik menjadi sebuah keharusan. Sehingga melalui kursus ini peserta memahami dasar-dasar kemampuan menulis yang kemudian dapat melatih kemampuan dalam menulis sesuai dengan kaidah jurnalistik dan mempublikasikan tulisannya.

Banyak harapan saya sebagai peserta diantaranya adalah saya memiliki kepercayaan diri menuangkan ide dan opini yang ada dalam bentuk tulisan dan mempublikasikan tulisan saya agar dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih saya ucapkan kepada Instruktur yang telah memberikan ilmu tanpa batas dan kepada pihak panitia yang telah memberikan kesempatan saya untuk memahami mengenai jurnalistik. Mari kita semua belajar untuk menjadi penulis yang hebat dan bermanfaat bagi negara dan bangsa.

Salam Kebangsaan !!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline