Lihat ke Halaman Asli

Tia Saragih

mahasiswa

Kelebihan dan Kekurangan Alat Spektrofotometri UV-Vis

Diperbarui: 10 September 2024   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber. Nm, 2021

Spektrofotometer UV-Vis adalah instrumen analitik yang digunakan untuk mengukur daya absorbansi suatu cairan yang memiliki gugus kromofor terhadap panjang gelombang cahaya tertentu. Spektrofotometri UV- Vis dapat mendeteksi senyawa-senyawa yang memiliki warna ataupun gugus kromofor dalam suatu sampel sehingga kompleks yang dihasilkan oleh logam dan dithizon dapat di deteksi dengan metode ini dengan mudah dalam penggunaan dan biaya yang murah.

Spektrofotometri UV-Vis sangat berguna untuk analisis kuantitatif dan cepat, terutama untuk senyawa yang menyerap cahaya di rentang UV dan visible. Namun, untuk senyawa yang tidak dapat dianalisis dengan metode ini atau untuk analisis yang lebih kompleks, alat lain seperti kromatografi atau spektroskopi massa mungkin lebih sesuai. Pilihan alat tergantung pada jenis analisis yang dibutuhkan dan karakteristik sampel. Spektrofotometri UV-Vis juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai alat instrument.

Kelebihan Spektrofotometer Uv-Vis

Kelebihan dari instrumen Spektrofotometer UVVis yaitu dapat digunakan untuk menganalisis banyak zat organik dan anorganik, selektif, mempunyai ketelitian yang tinggi dengan kesalahan relatif sebesar 1%-3%, analisis dapat dilakukan dengan cepat dan tepat, serta dapat digunakan untuk menetapkan kuantitas zat yang sangat kecil. Selain itu, hasil yang diperoleh cukup akurat, dimana angka yang terbaca langsung dicatat oleh detektor dan tereetak dalam bentuk angka digital ataupun grafik yang sudah diregresikan .

Kekurangan Spektrofotometer Uv-Vis

Kekurangan dari penggunaan instrumen spektrofotometer UV-Vis ini diantaranya senyawa yang akan dianalisa harus memiliki gugus kromofon (gugus pembawa warna), dan memiliki ikatan rangkap terkonjugasi serta mempunyai panajng gelombang yang terletak pada daerah ultraviolet atau visible. Selain itu, hasil absorbansi yang terukur dapat dipengaruhi oleh pH larutan, suhu, adanya zat pengganggu dan kebersihan dari kuvet.

Hasil analisis spektrofotometer UV-Vis dapat digunakan untuk keperluan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif pada spektrofotometer UV-Vis dapat dilakukan menggunakan dua metode yaitu metode adisi standar  dan metode kurva kalibrasi.  Metode kurva kalibrasi biasa digunakan untuk mengetahui kadar suatu sampel dengan memasukkan nilai absorbansi sampel ke dalam persamaan regresi linear yang diperoleh dari pembacaan absorbansi larutan standar.

Penulis:

1. Tia Diansya Putri Saragih

2. Khairahma

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline