Lihat ke Halaman Asli

Cara Jitu Lolos Seleksi Perguruan Tinggi Negeri!

Diperbarui: 20 Desember 2020   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas tidak sedikit orang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Mengingat perguruan tinggi sama seperti sekolah terbagi antara swasta dan negeri, banyak orang lain sangat mendambakan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri dikarenakan biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta terbilang cukup mahal. Namun tidak semua orang dapat dengan mudah mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri karena harus melewati ujian mandiri yang terdiri dari soal-soal yang cukup sulit dan membutuhkan penalaran yang akurat. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan tips-tips lolos seleksi Perguruan Tinggi Negeri :

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan 

Pertama-tama sebelum melakukan serangkaian usaha yang perlu kita lakukan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar segala usaha kita dipermudah jalannya.

2. Menentukan perguruan tinggi yang dituju

Usaha pertama yang kita lakukan ialah menentukan perguruan tinggi yang ingin kita tuju. Setelah sudah tahu ingin kemana tujuan kita, maka kita harus rajin-rajin mencari informasi tentang passing grade, jalur-jalur masuk perguruan tinggi tersebut kepada orang yang telah berhasil lolos atau bisa juga melalui website resmi perguruan tinggi yang kita dambakan.

3. Berkomitmen untuk belajar dengan serius

Belajar dengan serius bukanlah hal yang mudah. Sering kali kita tergoyahkan dengan datangnya  rasa malas saat belajar. Maka hal yang perlu kita lakukan ialah membeli buku contoh kumpulan soal-soal untuk masuk perguruan tinggi negeri, menjauhkan handphone dari genggaman saat sedang belajar, belajar ditempat yang sepi agar lebih fokus, serta selalu menanamkan kepada diri sendiri bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.

4. Memanajemen waktu dengan baik

Setelah sudah yakin akan perguruan tinggi apa yang ingin kita tuju, maka cara selanjutnya ialah kita harus membagi waktu sebaik mungkin antara belajar dengan waktu istirahat karena tidak baik juga apabila kita lupa untuk beristiarahat. Kita bisa berkomitmen untuk tetap memiliki waktu tidur 7-8 jam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline