Lihat ke Halaman Asli

Strategi Manajemen Bisnis agar Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 28 Juni 2021   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini membuat dampak yang beragam, merebaknya virus ini cukup mengkhawatirkan kesehatan bagi masyarakat dan juga bagi perekonomian bangsa seperti perusahan dan sektor ekonomi yang ada di Indonesia dan tidak sedikit sektor yang mendapatkan dampak ini lantaran tidak adanya pemasukan.

Berbagai strategi telah dilakukan mulai dari menunda ekspansi, efisiensi, menekankan biaya iklan dan promosi, khususnya para pelaku bisnis. 

Banyak perusahan yang terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan dan beberapa perusahaan juga mengalami penurunan omzet yang mengharuskan mereka untuk gulung tikar.

Berikut ini ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dan bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis agar bisa bertahan ditengah Pandemi Covid-19 :

* Pertama, pelaku bisnis harus mengetahui dan menguasai nilai keunikan produk yang telah dikeluarkan.

* Kedua, pelaku bisnis harus cekatan dalam mengalami keluhan para pelanggan, agar meningkatkan loyalitas terhadap suatu produk dan mendapatkan nilai baik dari para konsumen.

* Ketiga, melakukan inovasi terhadap kebutuhan pelanggan sehingga mereka makin loyal terhadap suatu produk.

*Keempat, membuat progam produk yang menarik sehingga dapat meningkatkan penjualan walaupun profit cenderung tipis.

* Kelima, mengeluarkan program khusus delivery, seperti sarana digital website, market place dam lain-lain untuk memudahkan para pelanggan yang melakukan aktivitasnya di rumah saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline