Lihat ke Halaman Asli

Tiara Safitri

Let your smile change the world, but don't let the world change your smile.

Beretika dalam Mengembangkan Bisnis Online

Diperbarui: 9 Oktober 2020   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

koleksi pribadi

Telah kita ketahui bahwa di zaman sekarang sudah banyak yang mengembangkan bisnisnya melalui internet, bahkan dari kalangan anak muda hingga kalangan orang tua pun sudah banyak yang menggunakan internet sebagai alat alternatif untuk mempromosikan bisnisnya tersebut. Dapat kita lihat  dari berbagai macam jenis bisnis yang telah beredar melalui internet ini, dari bisnis pakaian, minuman, makanan, dll. Namun sayangnya tidak semuanya tahu bagaimana tata cara yang ideal dalam mengembangkan bisnis mereka, bahkan ada pula beberapa dari mereka yang belum menerapkan etika dalam berbisnis.

Sebaiknya sebelum kalian mengembangkan bisnis kalian melalui internet, kalian harus mengetahui terlebih dahulu norma dan moralitas yang berlaku diseluruh kalangan masyarakat, serta jika kalian ingin mengembangkan suatu bisnis maka kalian harus mempunyai prinsip-prinsip yang baik sehingga kalian dapat dinilai beretika dalam berbisnis, salah satunya yaitu kalian dapat mengikuti hukum dan segala peraturan yang berlaku.

Selain itu masih banyak lagi prinsip-prinsip untuk mencapai tujuan dalam mengembangkan bisnis tersebut. Nah mungkin masih ada beberapa orang sering kali tidak mengutamakan sebuah kejujuran. Mereka terlalu tidak acuh terhadap suatu kejujuran dalam bersikap maupun berkomunikasi, sehingga mereka hanya berfikir supaya bisnisnya tersebut dapat menguntungkan mereka tanpa mengetahui dampak apa yang akan terjadi nantinya. Padahal jika mereka mengutamakan sebuah kejujuran dalam berbisnis maka akan berdampak positif bagi kalangan masyarakat.

Selanjutnya yaitu dalam berbisnis sering kali ada beberapa  yang tidak integritas dalam membuat kesepakatan tentang harga produk yang dibisniskan tersebut, tidak hanya itu saja karena ada juga yang tidak berkonsistensi dan sinkronisasi antara pemikiran, perkataan, dan perbuatan, hal ini akan memicu banyaknya masyarakat yang berfikir negatif kepada pembisnis dikarenakan harga yang dijualnya itu tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Ada pun yang harus dilakukan dalam manajemen dengan team worknya yaitu mereka harus memilik sistem kerja yang jelas dan juga sistem kerja yang berorientasi kepada pelanggan agar mereka dapat disukai, di gemari suatu bisnis produknya tersebut. Selain itu seorang pembisnis juga harus dapat dipercaya dalam arti ia mau dan mampu dalam memenuhi segala janji dan komitmen yang telah disepakatinya.

Seorang pembisnis juga harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik dengan mengetahui tanggungjawab apa saja yang harus dilaksanakan, serta seorang pembisnis juga bukan hanya mementingkan kepuasan masyarakat saja tetapi juga harus mempunyai rasa kepedulian dan simpatik kepada team worknya, seperti keperdulian sosial terhadap di sekitar wilayahnya.

Seorang pembisnis juga harus menjaga reputasinya, dalam arti ia tidak akan mengecewakan pelanggannya karena ketika ia telah mengecewakan konsumennya, maka reputasi nama bisnisnya pun akan menurun dan tidak akan mengembangkan bisnis online tersebut. Nah selanjutnya yang terpenting adalah menaati peraturan yang ada, contohnya seperti menaati peraturan tentang  tata cara menggunakan IT yanga baik dan benar, serta tata cara dalam mengembangkan suatu bisnis produk dalam menggunakan etika berbisnis, dan juga menaati dalam prihal membanya pajak bisnis tersebut dengan tepat waktu dan kejujuran.

Jadi kesimpulannya adalah jika anda ingin mengembangkan bisnis online maupun offline, maka ikutilah etika dalam berbisnis yang baik dan benar, serta ikuti segala peraturan yang ada, jangan sampai anda menyalah gunakan bisnis anda dalam hal yang negatif atau pun tidak mengikuti peraturan dalam menggunakan IT yang baik dan benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline