Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Melaksanakan Protokol Kesehatan

Diperbarui: 24 Maret 2021   12:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona. Virus ini menyebar melalui percikan air liur yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau mengembuskan nafas. Percikan air liur ini tidak bisa bertahan di udara, kemudian jatuh dan menempel pada permukaan tanah. Saat seseorang menghirup udara dan menyentuh permukaan yang mengandung virus disitulah terjadinya penyebaran dan penularan orang tersebut dapat terinfeksi.

Untuk itulah protokol kesehatan harus dijalani oleh semua orang tanpa terkecuali. Protokol kesehatan yang harus dijalani atara lain yaitu menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, dan menjauhi atau menghindari kerumunan. Sayangnya, higga saat ini tidak sedikit orang yang lalai melaksanakan protokol kesehatan.

Akibatnya semakin hari semakin  banyak pasien terjangkit virus corona ini. Penambahan kasus positif setiap harinya mencapai ribuan pasien. Jika dilihat dari awal kemunculan virus ini, masyarakat masih melaksanakan protokol kesehatan dengan baik penambahan kasus positf setiap harinya  tidak mencapai ribuan kasus seperti sekarang ini.

Fenomena semacam itu makin parah, disetiap sudut kota sudah dapat dilihat tidak sedikit orang yang berkerumun tidak menggunakan masker lalai terhadap protokol kesehatan. Walaupun begitu tidak dapat dipungkiri bahwa peristiwa seperti itu juga terjadi di daerah daerah kecil. Kejadian sepert inilah yang membuat kita susah terlepas dari wabah virus ini, semakin banyak orang terinfeksi semakin banyak pula orang yang lalai terhadap protokol kesehatan.

Padahal semua orang mendabakan akan hidup normal seperti semula sebelum virus ini melanda. Tetapi terhalang oleh orang orang yang tidak sadar akan bahayanya virus ini. Siswa sekolah dasar hingga sekolah  menengah bahkan mahasiswa hingga saat ini masih belajar dengan sistem daring. Setahun sudah mereka dituntut untuk belajar dirumah dengan suasana yang membosankan, tidak bertemu teman, tidak bertemu guru, juga sebagian orang tidak mengerti materi apa yang disampaikan oleh guru pengajar.

Tentu akan lain ceritanya jika kita sudah terbebas dari pandemi virus corona ini. Aktivitas yang sempat tertunda bisa dilaksanakan,  sekolah tatap muka akan dibuka kembali, perekonomian yang dikatakan menurun akibat pandemi ini mungkin akan kembali seperti semula atau bahkan lebih naik dari sebelumnya.  Hal seperti itu bisa saja terjadi jika kita mematuhi protokol kesehatan dengan sebaik baiknya. Tetapi, jika dilihat dari fenomena yang terjadi saat ini bisa dibilang kita akan kesusahan untuk mewujudkan cita cita hidup normal kembali.

Maka dari itu, pentingnya kesadaran setiap individu di uji saat ini. Bagaimana kita setiap masyarakat menyadari akan baiknya jika mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Dampak baik yang dihasilkan bukan hanya untuk diri sendiri tetapi untuk orang orang disekeliling kita, orang yang kita cintai dan sayangi juga akan merasakannya.

Sebab berhasilnya kita terlepas dari wabah virus ini didasari oleh masyarakat yang menjungjung tinggi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Karena kebijakan pemerintah dalam hal ini akan menyelamatkan kita dari acaman virus berbahaya ini. Kalo bukan kita yang melaksanakan, siapa lagi ?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline