Di era digital sekarang ini pasar musik Jepang bisa dibilang "anomali" dalam pasar musik dunia.
Jepang merupakan pasar musik terbesar ke-2 di dunia ( physical+digital ) dan pasar musik no.1 di dunia ( Physical market ).
http://www.digitalmusicnews.com/research/worldrevenues2012-1.jpg
Apabila dicermati, physical market lebih di dominasi oleh idol-act :
- Tahun 2012 :
http://www.tokyohive.com/article/2013/01/akb48-tops-oricons-yearly-market-report-total-sales/
http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-album-ranking-for-2012/
http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-single-ranking-for-2012/
- Tahun 2013 :
http://tokyohive.com/article/2013/06/oricon-album-chart-for-the-first-half-of-2013
http://www.tokyohive.com/article/2013/06/oricon-single-ranking-for-the-first-half-of-2013
Bagaimana dengan digital market? Digital market lebih bervariasi dan tidak didominasi oleh idol-act. Seperti yang terlihat di salah satu situs musik digital terpopuler RECOCHOKU,