Lihat ke Halaman Asli

Pasar Musik Jepang (Physical Vs Digital = Idol-act Vs Non Idol act)

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Di era digital sekarang ini pasar musik Jepang bisa dibilang "anomali" dalam pasar musik dunia.

Jepang merupakan pasar musik terbesar ke-2 di dunia ( physical+digital ) dan pasar musik no.1 di dunia ( Physical market ).

http://www.digitalmusicnews.com/research/worldrevenues2012-1.jpg

Apabila dicermati, physical market lebih di dominasi oleh idol-act :


  • Tahun 2012 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/01/akb48-tops-oricons-yearly-market-report-total-sales/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-album-ranking-for-2012/

http://www.tokyohive.com/article/2012/12/oricon-reveals-their-yearly-single-ranking-for-2012/


  • Tahun 2013 :


http://www.tokyohive.com/article/2013/06/arashi-tops-total-sales-dvd-sales-categories-in-oricons-first-half-of-2013-ranking

http://tokyohive.com/article/2013/06/oricon-album-chart-for-the-first-half-of-2013

http://www.tokyohive.com/article/2013/06/oricon-single-ranking-for-the-first-half-of-2013

Bagaimana dengan digital market? Digital market lebih bervariasi dan tidak didominasi oleh idol-act. Seperti yang terlihat di salah satu situs musik digital terpopuler  RECOCHOKU,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline