Kurikulum 2013 telah menjadi landasan pendidikan di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Implementasi kurikulum ini di tingkat Sekolah Dasar (SD) menjadi sebuah tantangan besar bagi para pendidik, siswa, dan semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.
Kurikulum merupakan pedoman mendasar dalam proses belajar dan mengajar di dunia pendidikan. Keberhasilan suatu pendidikan sangat ditentukan oleh rancangan kurikulum yang digunakan. Jika rancangan kurikulum yang telah disusun sejalan dengan segala kebutuhan pembelajaran dan perkembangan peserta didik, maka hasil yang akan dicapai oleh satuan pendikan akan sesuai yang diharapkan.
Artikel ini mengulas tentang tantangan guru dalam proses pembelajaran kelas 3 SD pada kurikulum 2013, dengan fokus pada permasalahan guru dan siswa dalam proses pembelajaran .
Di sekolah yang saya temui ternyata belum sepenuhnya menggunakan kurikulum merdeka belajar, masih ada beberapa kelas yang menggunakan kurikulum 2013
"Apa saja tantangan dan hambatan guru dalam proses pembelajaran serta bagaimana guru menyikapi peserta didik yang merasa jenuh dengan pembelajaran"
Tantangan dan hambatan guru yang saya dapat dalam proses pembelajaran seperti peserta didik yang terlalu aktif dan susah fokus kepada pelajaran yang sedang berlangsung, dan masih banyaknya peserta didik yang tidak peduli dengan pembelajaran yang sedang di jelaskan oleh guru. Guru menyikapi sifat peserta didik tersebut hanya dengan posisi duduk dan diam sampai peserta didik terfokus kepada guru dan guru hanya memberikan arahan pada peserta didik. Tantangan yang harus dihadapi guru yaitu memahami kebutuhan siswa, menyiapkan materi pengajaran, menerapkan disiplin kelas.
Hambatan guru dalam implementasi kurikulum 2013 yaitu:
1) Buku sebagai sumber pembelajaran
2) Pembuatan media pembelajaran
3) Pemahaman guru