Lihat ke Halaman Asli

5 Cara Meningkatkan Asam Lambung yang Rendah

Diperbarui: 28 Maret 2022   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi: pexels.com/@olly

Asam lambung merupakan cairan pencernaan yang mengandung asam klorida dan enzim pencernaan yang bertugas untuk membunuh bakteri berbahaya dan menetralkan enzim. 

Memiliki asam lambung yang rendah (hipoklorhidria) dapat menyebabkan tubuh rentan terhadap infeksi karena perut tidak menerima nutrisi yang diperlukan. Asam lambung yang rendah dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan seperti maag, sakit perut, malnutrisi, refluks asam, diabetes dan lain-lain.

Asam lambung yang rendah menjadi penyebab buruknya aktivitas pencernaan karena makanan dan nutrisi yang tidak terpecah sehingga menyebabkan bakteri menumpuk. Gejala utamanya adalah kembung dan gas. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut tidak dapat menghasilkan kadar asam yang diperlukan seperti infeksi, mengkonsumsi obat-obat tertentu. Dilansir dari healthline, berikut 5 cara untuk meningkatkan asam lambung dalam perut. 

1. Kunyah makanan dengan seksama

Mengunyah merupakan langkah pertama dalam proses pencernaan. Mengunyah makanan dengan tepat akan membantu meningkatkan kadar asam lambung.

Ambil gigitan kecil dan kunyah makanan secara menyeluruh untuk merangsang enzim pencernaan.

2. Batasi asupan karbohidrat olahan 

Memiliki pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan kadar asam dalam lambung. Misalnya dengan mengonsumsi buah dan sayuran serta mengurangi makanan olahan yang tinggi karbohidrat dan gula.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan terjadi disebabkan oleh olahan karbohidrat dan gula yang berlebih sehingga menyebabkan menurunnya aktivitas asam dan memicu gejala refluks asam. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline