Lihat ke Halaman Asli

Mutiara Umul Habibah

Mahasiswa Universitas Airlangga

Pengertian tentang Mental Health, Penyebab, dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Diperbarui: 21 Juni 2024   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pinterest.com/periklis/

Apa itu Kesehatan mental?

Kesehatan mental adalah hubungan emosional secara psikologi dan sosial seseorang Kesehatan mental sangat mempengaruhi kehidupan kita setiap harinya baik dalam hubungan sosial membuat Keputusan dan bagaimana cara kita menangani emosional kita Kesehatan mental sangatlah penting di setiap tahap kehidupan mulai dari masa kanak-kanak, remaja hingga dewasa.

Apakah Kesehatan mental sangatlah penting untuk di perhatikan?

Tidak hanya Kesehatan fisik saja yang perlu diperhatikan Kesehatan mental sangatlah penting bahkan jika tidak di jaga akan menganggu secara langsung pada Kesehatan fisik banyak penyakit yang muncul karna adanya masalah pada mental health seseorang yang menyebabkaan beberapa penyakit psikis dan fisik seperti depresi, penyakit jantung, dan stroke berbeda dengan menyakit fisik masalah Kesehatan mental rata-rata sulit di hilang secara permanen dan harus melalukan beberapa penangan jika sudah tahap yang berat.

Apa penyebab Kesehatan mental pada setiap tahap umur?

Adapun gangguan Kesehatan mental di Indonesia atau depresi yang rentan terjadi pada remaja. Data di Indonesia menunjukkan 6,1% penduduk Indonesia berusia 15 tahun ke atas mengalami gangguan Kesehatan mental ( kemenkes Jakarta, 12 oktober 2023). Menurut penelitian I-NAMHS yang dipublikasikan 2022, seperti dikutip dari laman UGM, ada sejumlah factor risiko berkaitan dengan kemunculan gangguang mental pada remaja.

Faktor tersebut meliputi perundungan sekolah dan Pendidikan, hubungan teman sebaya dan keluarga, perilaku seks, pemakaian zat, pengalaman trauma masa kecil, hingga penggunaan fasilitas Kesehatan.

Adapun masalah mental padaa umur 20-30an di dorong oleh banyak faktor seperti pekerjaan, karier, dan hubungan sosial kemudia pada umur 20-30an memiliki banyak masalah Kesehatan yang berat seperti Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), Gangguan disforik pramenstruari (GDP), Bipolar, Borderline personality disorder (BPD), Skizofrenia. (Kompas.com, 27 september 2021).

 Bagaimana penanganannya?

Gangguan mental jika tidak ditangani dengan tepat, akan bertambah parah baik secara emosional maupun lingkungan kehidupan sosial seseorang yang dapat mempengaruhi aktifitas kehidupan setiap harinya beberapa cara penanganan Kesehatan mental yaitu penangan secara medis yang mana pada tahap ini sudah menuju pada masalah Kesehatan Tingkat tinggi namun tidak hanya penanganan medis bisa juga dengan cara keagamaan seperti bersikap sabar, membiasakan diri dalam melaksanakan dan mendisiplinkan kebiasaan terpuji, melakukan kegiatan positif, rajin beribadah dan hal keagamaan lainnya namun penting juga di barengi dengan kegiatan sehari-hari yang dapat membantu proses Kesehatan mental dengan berolahraga, healing, dan berkumpul Bersama orang tersayang. (journal of Islamic and law studies)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline