Lihat ke Halaman Asli

Tiara DwiCitra

universitas singaperbangsa Karawang

Bahaya Pemalsuan Akun Facebook, Jaga Keamanan Akun Anda!

Diperbarui: 15 Mei 2022   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penggunaan sosial media memang marak dilakukan oleh masyarakat. Media sosial dinilai efektif dan efesien dalam mencangkup aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat. Terlebih, sejak adanya kemunculan internet serta pesatnya kemajuan teknologi dan informasi di era globalisasi dan modern ini membuat semakin berkembang pula pola kehidupan masyarakat diiringi dengan penggunaan sosial media juga.

Media sosial atau sosial media dapat diartikan sebagai suatu platform berbasis digital yang semakin berkembang dengan berbagai macam fitur serta digunakan sebagai media untuk saling bertukar pikiran, ide, gagasan maupun saling berkomunikasi antar manusia, tanpa batas waktu maupun jarak. Seperti yang dapat dilihat dengan jelas bahwa Facebook merupakan salah satu platform digital yang banyak diminati oleh masyarakat.

Facebook merupakan salah satu platform digital yang mudah diakses bahkan pembuatan akunnya pun mudah dilakukan. Sehingga banyak dari masyarakat yang membuat akun platform tersebut untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari sekedar hanya ingin menambah wawasan juga menambah teman yang berasal dari manapun, hingga kini banyak masyarakat yang memanfaatkan facebook sebagai akun bisnis untuk mempromosikan sekaligus menambah penghasilan.

Maraknya penggunaan situs jejaring sosial media pada platform facebook juga patut diwaspadai tingkat keamaan akunnya. Sebab, tak dapat dipungkiri banyak masyarakat yang membuat akun facebook hanya untuk sekedar hiburan bahkan terkesan tidak untuk hal yang penting atau hanya untuk "main-main" saja. Bahkan seseorang dapat mempunyai lebih dari 2 akun facebook yang berbeda karena tidak ada jumlah batasan pembuataan akun bagi setiap orang.

Setiap orang yang sudah memiliki atau bahkan baru ingin membuat akun sosial media manapun, termasuk facebook sebagai salah satunya harus mengetahui tentang keamanan privasi data akun masing-masing. Sebab seiring dengan maraknya pengunaan platform facebook juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk memalsukan data akun facebook orang lain untuk kepentingan tertentu.

Meskipun pembuataan akun serta akses facebook yang mudah, akan tetapi tingkat keamanaan data pada akun tersebut masih kurang meyakinkan. Pasalnya, masih banyak kejahatan pemalsuan akun facebook yang tergolong pada tingkat cybercrime atau akses ilegal pada suatu trasmisi data. Banyak oknum-oknum yang memalsukan data seseorang melalui platform facebook untuk sekedar kepuasan diri atau bahkan untuk memeras uang dari orang lain.

Untuk itu, perlu meningkatkan kecermatan serta kewaspadaan mengenai bahaya pemalsuan akun facebook oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan cara menjaga privasi data pada akun facebook masing-masing dengan tidak menyebarluaskan privasi data tersebut secara sembarangan. Tak hanya itu, perlu ditingkatkan kebijakan serta keamaanan penggunaan situs facebook oleh developer pengembang untuk meminimalisir terjadinya pemalsuan akun facebook.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline