Lihat ke Halaman Asli

Tiara Aviantari

Mahasiswa / Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Berikan PMT dan Resep Bervariasi untuk Cegah Stunting!

Diperbarui: 12 Agustus 2023   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok.Pribadi,2023)

Desa Wonoharjo, Nguntoronadi, Wonogiri (24/07/2023) -- Indonesia masih memiliki angka pravelensi stunting cukup tinggi di atas angka standar yang ditetapkan oleh WHO. Kasus stunting ini dapat berdampak serius pada kualitas sumber daya manusia. Stunting merupakan kondisi kurang asupan gizi dalam waktu cukup lama, sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak ditandai dengan tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa KKN mengadakan sosialisasi tentang pencegahan stunting bagi warga Desa Wonoharjo. Kegiatan sosialisasi dilakukan bersamaan dengan posyandu dan vaksinasi di kantor Desa Wonoharjo. Mahasiswa menjelaskan materi dengan membagikan poster, resep makanan sehat , dan buku tentang stunting agar warga dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Selain itu, mahasiswa membagikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) kepada kader stunting dan ibu -- ibu dengan anak penderita stunting yang menjadi contoh nyata dalam pencegahan stunting. 

(Dok.Pribadi,2023)

(Dok.Pribadi,2023)

Warga yang mengikuti kegiatan tersebut terlihat antusias yang ditunjukkan dengan munculnya beberapa pertanyaan, karena materi yang disampaikan sangat dibutuhkan oleh para orang tua untuk mencegah keterpurukan anaknya. Usai kegiatan diharapkan para orang tua lebih memahami bagaimana cara mencegah penurunan berat badan pada anak dan lebih memperhatikan kebiasaan makan anaknya sejak dini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline