Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh kualitas pelayanan jasa pada usaha OCE Laundry Kota Pontianak terhadap kepuasan konsumen

Diperbarui: 9 Juni 2023   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis: Hestih Kamariah & Tiara Sherin Rania

Oce Laundry berdiri sejak 10 november 2020, Oce laundry Merupakan industri jasa yang kegiatannya melakukan cuci dan menyetrika pakaian, yang terletak di Jl. Dr. Hamka, Kota Pontianak Kalimantan Barat. Pelaku usaha jasa Oce laundry menggunakan mesin cuci berkualitas tinggi sehingga tidak merusak pakaian yang dicuci, selain itu Oce laundry juga menggunakan sabun dan obat - obatan khusus untuk merawat pakaian sehingga warna dari pakaian tersebut tetap terpelihara dan wangi, Usaha laundry saat ini sedang marak-maraknya, salah satu gaya hidup modern dari masyarakat yang tinggal di kota Pontianak yaitu mencuci pakaian di tempat-tempat khusus seperti jasa laundry, tidak semua orang menyempatkan diri untuk mencuci, kini jasa laundry ini menjadi usaha yang berkembang seperti usaha jasa Oce laundry menjadi salah satu jasa laundry yang telah lama beroperasi dan memiliki persaingan yang begitu ketat, ditambah lagi dengan adanya usaha laundry lain yang ada di kota Pontianak yang bermunculan sehingga mengakibatkan pelaku usaha laundry dituntut untuk memperhatikan strategi pemasaran.

Kualitas pelayanan sangat penting pada industri jasa, kualitas pelayanan terbaik merupakan suatu profit strategi untuk meningkatkan lebih banyak pelanggan baru, mempertahankan pelanggan yang ada, menghindari kaburnya pelanggan, dan menciptakan keunggulan khusus yang tidak ada hanya bersaing dari segi harga. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasa sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan, maka kualitas pelayanan dapat dipersepsikan baik dan memuaskan. Keberhasilan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan tersebut memberi kepuasan dan kebahagiaan kepada pelanggan, oleh karena itu kualitas pelayanan sangat berpengaruh dalam menarik kepuasan pelanggan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) bagaimana kualitas pelayanan dari usaha oce laundry, (2) prinsip tanggung jawab dan prinsip keadilan dalam menjalankan strategi bisnis laundry untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.

Didalam usaha Oce laundry terdapat suatu bentuk standar operasi prosedur (SOP),2 untuk pencucian pakaian dibedakan menjadi dua yaitu: Pencucian kiloan dan pencucian khusus. Oce laundry menjalankan beberapa strategi dalam melayani konsumen seperti menggunakan mesin cuci berkualitas tinggi sehingga tidak merusak pakaian yang dicuci, selain itu Oce laundry juga menggunakan obat-obatan khusus untuk merawat pakaian sehingga warna dari pakaian tersebut tetap terpelihara dan wangi. Waktu yang dibutuhkan pihak Oce  laundry untuk menyelesaikan pakaian konsumen juga tidak lama, hanya dalam dua hari pakaian konsumen sudah dikemas dalam keadaan bersih, rapi dan wangi.

Wawancara dengan salah satu Karyawan Oce Laundry

Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan dengan salah satu karyawan Oce laundry dapat disimpulkan bahwa persaingan Oce laundry dengan usaha laundry lainnya bersaing secara sehat seperti layaknya orang – orang berusaha sebagaimana mestinya. Dalam bersaing Oce laundry tentunya melakukan beberapa strategi agar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya dalam menarik konsumen. Faktor-faktor strategis yang dilakukan Oce laundry dalam  mempengaruhi keunggulan bersaing dengan pesaingnya antara lain meliputi, faktor harga, teknik operasional, biaya operasional, sarana dan prasarana, promosi dan periklanan, kualitas pelayanan, serta kelengkapan peralatan operasional usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline