Assalamualaikum Wr.Wb,,,,
Salam Guru Penggerak!
Bergerak, Tergegak, Menggerakkan....
Saya Tiara Agusta Sari, saya merupakan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Lampung dari SD Negeri 07 Kota Alam, Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, saya menulis untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ke 3 ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi Calon Guru Penggerak selama mempelajari sebuah modul. Dalam pemaparan jurnal 1.3 kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Fact (Peristiwa)
Setelah mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak kemudian pada hari Senin, 29 April 2024 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dari modul 1.3 saya belajar aya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:
Mulai dari diri yaitu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dari mulai dari diri ini calon guru penggerak diminta untuk memaparkan refleksi mandiri 1 yaitu membuat "gambar" yang bertemakan "Imajiku tentang murid di masa depan". Dengan membuat satu gambar mengenai murid yang di dambakan 5-10 tahun mendatang, refleksi mandiri 2 yaitu melengkapi kalimat rumpang yang diantaranya dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang di idam-idamkan, refleksi mandiri 3 yaitu menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing-masing.