Lihat ke Halaman Asli

TIARA NINGTIAS

Redaktur Muda

Tangga Menuju Sukses Itu Disiplin

Diperbarui: 20 Juli 2023   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Betapa pun berbakatnya seorang pemimpin, ia tidak akan mencapai potensi maksimalnya jika tidak disiplin - John C. Maxwell

Seberapa teguh pun nilai yang dimiliki seseorang tanpa disiplin, maka itu adalah awal dari kebodohan.

Disiplin adalah jembatan antara cita-cita dan pencapaian.

Jalan menuju puncak kesuksesan tidaklah mudah. Tidak banyak orang yang berhasil mencapai posisi terbaik dalam sebuah pekerjaan. Bahkan yang dianggap terbaik saat ini malah jauh lebih sedikit.

Tak seorang pun dapat meraih prestasi dan mempertahankannya tanpa disiplin. Disiplinlah yang menempatkan seseorang ke tingkat tertinggi dan membuat prestasinya bertahan lama. Disiplin adalah pembeda mana orang yang bekerja besar dan mana orang yang bicara besar. Orang yang bekerja besar biasanya akan lebih tepat waktu, komitmen dan konsisten terhadap perkataan dan pekerjaannya. Sedangkan orang yang bicara besar akan senantiasa mencari alasan-alasan untuk membenarkan sikap dan menunda-nunda pekerjaan.

Melatih diri menjadi disiplin memang sulit, namun lebih sulit lagi ketika sudah menyesal karena tidak disiplin sejak dini. Untuk mengembangkan gaya hidup disiplin, salah satu caranya adalah menghilangkan kecenderungan membuat alasan. Jika Anda selalu punya banyak alasan untuk tidak  disiplin, sadarilah bahwa itu hanyalah suatu pembenaran diri. Sikap disiplin – lah yang akan mengalahkan alasan-alasan anda untuk menunda dan bermalas -malasan menyelesaikan semuanya hari ini.

Orang-orang sukses adalah orang yang mampu berdamai dengan diri sendiri dan menyadari bahwa musuh terbesar mereka adalah dirinya sendiri, dan kalau mau berhasil mereka harus mengalahkan musuh itu.

Nah … Jika hari ini kita kurang disiplin, mungkin selama ini kita terbiasa menikmati makanan pencuci mulut sebelum memakan nasinya, menikmati imbalan sebelum pekerjaannya selesai.

Fokuslah pada hasil akhir. Jika selama ini kita sangat berkonsentrasi pada kesulitan pekerjaan, bukan pada hasil pekerjaannya, maka kita akan cenderung suka mengeluh, dan akhirnya putus asa. Dan jika kita berkutat pada hal itu terlalu lama, maka akan tumbuh pada diri kita adalah sifat mengasihani diri sendiri, bukan kebiasaan disiplin.

Pikirkan keuntungan dari melakukan pekerjaan itu, dan cukup dikerjakan saja.  Perhatikan kembali jadwal pekerjaan kita minggu lalu, adakah yang meleset dari target-target ataupun timeline yang ditentukan? Jika ada, maka kerjakan, tuntaskan, dan mulai kembali komitmen untuk disiplin dari nol. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline