Lihat ke Halaman Asli

TIARA NINGTIAS

Redaktur Muda

Stop Prokrastinasi Kerja!

Diperbarui: 12 Juli 2023   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pernahkah Anda menunda pekerjaan? Nanti dulu deh, kan bisa besok, nanti aja belum ditagih atasan,  masih lama deadlinenya dan lain sebagainya. Alasan-alasan itu kerap kali menjadi dasar dari penundaan yang kita lakukan. 

Prokrastinasi, sebuah kebiasaan yang kurang tepat, namun sulit dihilangkan. Kebiasaan yang tampak menyenangkan, namun tak menguntungkan. Kebiasaan menunda pekerjaan jika dibiarkan, tentu akan berbahaya bagi diri kita di masa yang akan datang. Namun, ingin menghilangkan pun tidak semudah ucapan.

Lalu, bagaimana caranya? Apakah ada hal lain yang bisa kita lakukan?

Terkadang hal tersulit dalam pekerjaan bukanlah menyelesaikan tugas, namun kapan waktu Anda untuk memulai mengerjakan tugas. Rasa malas, kesibukan yang datang secara tiba-tiba, hingga kesenangan akan hal lain sering menjadi hambatan untuk memulai sesuatu dan akhirnya membuat pekerjaan tertunda.

Memulai waktu untuk sukses itu ternyata sama sulitnya seperti ketika kita ingin diet. Selalu ada kata "besok" dan "nanti aja deh" saat akan melakukan nya. Alhasil, tidak terlaksana sama sekali.

Dan akhirnya yang tersisa hanyalah rasa menyesal dan harapan yang sia-sia. Untuk itu, yang diperlukan adalah mengubah mindset kita mengenai waktu. Karena waktu itu pedang. Jika dipergunakan dengan baik maka akan menyelamatkan, namun jika tidak dipergunakan dengan baik, pedang itulah yang akan menembus tubuh kita. 

Beberapa cara sederhana untuk mengurangi kebiasaan prokrastinasi adalah mulai dengan menghargai setiap waktu yang ada, kemudian gunakanlah waktu secara tepat dan baik. Tidak ada kata-kata menunda untuk melakukan sesuatu, dan hindari hal-hal yang membuat Anda memboroskan waktu. To do list, kerjakan hal-hal yang menjadi prioritas.

Rekan-rekan, sukses itu bukan hanya sekedar target, namun juga penghargaan atas usaha sungguh-sungguh Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk pandai menggunakan waktu secara baik dan tepat, guna memberikan hadiah untuk diri sendiri.

Jadi, mari sama-sama kita perbaiki cara kerja, mulai melakukan skala prioritas dalam pekerjaan, dan mulai mencoba belajar untuk tidak menunda nunda pekerjaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline