Lihat ke Halaman Asli

Tiara Hilwia

Mahasiswi

KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19

Diperbarui: 2 Desember 2020   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan bagian dari tujuan yang harus dicapai dan dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi salah satu satu kewajiban mahasiswa yang harus dipenuhi. Ada 3 poin penting dari isi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan sesekali, akan tetapi berulang-ulang kepada masyarakat.

Pada umumnya, pengabdian kepada masyarakat berbentuk kegiatan secara langsung dilapangan dengan melibatkan masyarakat sekitar, akan tetapi pada tahun ini sedikit berbeda. Sejak awal pergantian tahun 2020, berbagai kejadian baru terjadi, salah satunya wabah virus COVID-19. Wabah ini merajela di berbagai penjuru dunia, yang menyebabkan kepanikan dan gawat darurat. Virus ini dapat menular jika ada kontak secara langsung. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah saja, baik itu dari sektor pendidikan, ekonomi, serta sektor lainnya yang dilakukan secara online.

Hal ini yang menjadikan Kuliah Kerja Nyata (KKN), sebagai salah satu mata kuliah yang berisikan pengabdian kepada masyarakat untuk beradaptasi membaca situasi darurat ini dilakukan secara online. Oleh sebab itu, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) sebagai salah satu lembaga pendidikan, mengemas program KKN menjadi sedikit berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya.

Universitas Pendidikan Indonesia bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, mengusung KKN kali dengan konsep secara online bertemakan Edukasi Pencegahan Covid-19. Adapun judul yang diangkat yaitu KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 Tujuan dari adanya KKN Tematik PPD ini, yaitu untuk mendukung dan menguatkan program pencegahan dan  penanggulangan COVID-19 yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Isi dari Program KKN Tematik COVID-19 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, sebagai berikut:

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan berupa penguatan pembelajaran daring untuk siswa di tingkat satuan pendidikan tertentu, pendampingan pembelajaran daring untuk siswa di tingkat satuan pendidikan tertentu, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring, membantu administrasi sekolah secara daring serta membuat video edukasi program penangulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan  .

Program edukasi pencegahan Covid-19 bagi anak sekolah antara lain pembuatan dan sosialisasi media edukasi daring berupa gambar atau video tentang pencegahan Covid-19, merancang model atau membuat tempat cuci tangan di lembaga pendidikan, merancang dan membuat masker dan sanitizer untuk pencegahan Covid- 19. Adapun program edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat terdiri atas kegiatan pembuatan media edukasi daring, pembuatan dan penyaluran masker dan sanitizer, pembuatan dan penyaluran media edukasipencegahan Covid-19, menjadi mitra pemerintahan desa terkait, melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan kondisi lingkungan serta membuat video program edukasi pencegahan Covid-19.

Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi diantaranya yaitu pemberian dan penguatan keterampilan fungsional bagi masyarakat secara daring, penguatan dan pendampingan dalam inovasi produk secara daring serta membuat video penanggulangan Covid-19.

Setiap mahasiswa dapat memilih sendiri program KKN Tematik COVID-19 yang ingin dilaksanakan. Program wajib yaitu edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan berupa penguatan dan pendampingan belajar siswa secara daring. Sedangkan program pilihannya yaitu edukasi pecegahan COVID-19 bagi anak sekolah dan masyarakat serta edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang ekonomi. Diharapkan melalui program KKN ini dapat memberikan kontribusi positif dalam bidang edukasi dan ekonomi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline