Lihat ke Halaman Asli

Tian Sentari

Mahasiswa Universitas Pamulang

Strategi Promosi dalam Mempengaruhi Keputusan Pembeli di Masa Pandemi

Diperbarui: 12 Desember 2021   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebagai Pelaku usaha yang terdampak pandemic covid19, haruslah pandai memutar otak dan mengatur bagaimana rencana yang akan diambil dalam mengelola suatu usahanya agar tetap bertahan. Tidak sedikit juga pelaku usaha yang terjun bebas dengan kata lain, bangkrut dan ada pula pelaku usaha yang mampu tetap bersaing dengan berbagai cara yang dilakukan seperti melakukan pembaharuan berpromosi atau memasarkan produknya sebagai strategi yang digunakan untuk mempengaruhi minat perilaku konsumen untuk membeli. 

Dimana sebelumnya melakukan promosi tidak terjangkau luas seperti dengan cara door to door atau dari mulut ke mulut, Nah kan dimasa pandemic saat ini para pelaku bisnis dituntut untuk dapat menerapkan strategi promosi yang lebih luas. Kegiatan promosi tersebut dapat dilakukan Melalui aplikasi, konten online, serta iklan digital sebagai strategi pemasaran produk yang dilakukan dimasa pandemic.

Dalam rangkaian kegiatan manajemen pemasaran perlu memperhatikan langkah strategi dalam kegiatan promosinya. Aktivitas terhadap strategi promosi disebut sebagai gerakan dalam bidang pemasaran dalam bentuk hubungan komunikasi yang dilakukan pelaku bisnis dengan konsumen atau pelanggan. Interaksi yang dibentuk pada strategi promosi pemasaran berupa penyampaian informasi, sebagai usaha ajakan kepada konsumennya , dan memberi pengaruh mengenai suatu produk terhadap keputusan membeli.

Beberapa definisi dari promosi penjualan yang dikemukakan para ahli. Diantaranya :

Tjiptono (2001:219)

Aktivitas promosi merupakan proses Komunikasi Pemasaran yang dijalankan untuk memberikan informasi secara luas, memberi pengaruh, serta mengingatkan target pasar kepada perusahaan dan produk supaya mau menerima, melakukan pembelian dan loyal kepada barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Menurut Gitosudarmo "2000:237"

Promosi ialah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Berdasarkan pengertian strategi promosi yang dikemukakan para ahli tersebut maka dapat ditarik kesimpulan. Strategi promosi dalam penjualan atau pemasaran adalah Proses perencanaan kegiatan perusahaan guna mencapai tujuan pemasaran. Artinya, meningkatkan penjualan dengan dipengaruhi keputusan pembelian konsumen yang ditargetkan.

Dengan adanya pandemi terjadi keterbatasan manusia untuk saling bertemu baik dalam melakukan promosi langsung maupun kegiatan jual belinya. Hal ini dibantu dengan beberapa Kegiatan promosi yang dapat dilakukan Melalui aplikasi, konten online, serta iklan digital sebagai strategi pemasaran produk terhadap keputusan membeli yang dilakukan dimasa pandemi.

Melalui Aplikasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline