Lihat ke Halaman Asli

Kok Usamah bin Ladin?

Diperbarui: 26 Juni 2015   06:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_105332" align="alignnone" width="225" caption="Usamah bin Ladin [topnews.in"]"][/caption]Seorang teman bertanya, "Kok di Republika menulis nama Usamah bin Ladin sih?" Maksud pertanyaannya kira-kira, "kenapa tidak menuliskan seperti media pada umumnya, Osama bin Laden?" Aku jawab, justru penulisan yang sebenarnya adalah Usamah bin Ladin, sesuai dengan penulisan dalam huruf Arab, karena bahasa Arab tak mengenal huruf O dan E. Sedangkan media pada umumnya, menuliskan nama pimpinan Al Qaeda (Al Qaidah) yang diklaim AS tewas dalam sebuah penyerbuan itu, sesuai pelafalan lidah pelantun bahasa Inggris, Osama bin Laden. Aku sebenarnya mau "protes" (tapi bingung dialamatkan pada siapa), karena orang atau media di Indonesia itu cenderung perfect dalam menuliskan nama orang, seperti yang diinginkan orang tersebut. Seperti "Barack Obama", presiden Amerika Serikat, atau "George Bush" (mantan presiden AS). Kalau misalnya mau disesuaikan dengan "lidah kita", aku kira bisa saja kan kita menuliskannya sebagai "Barak Obama", atau "Jodj Bus"? Toh, media asing (termasuk media AS), menuliskan nama "Soeharto" dan "Soekarno", dengan "Suharto" dan "Sukarno". Padahal, akurasi merupakan syarat dasar dalam penulisan berita, termasuk akurasi dalam penulisan nama. Entah kenapa, segala yang berasal dari Barat, meski itu tidak akurat, kita cenderung manut saja. Cermin keminderan bangsa kita? Hanya kita sendiri yang bisa menjawabnya. Ah, sudahlah. Ini sekadar curhatan nggak penting.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline