Kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiwa) ini merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang diwajibkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang.
Kelompok 39 gelombang 13 PMM yang terdiri dari Saskia Aprilia Pramesti, Tia Berliana, Niken Nurhanifah Sururi, Grascella Prisca Agustina Primadani, dan Rayhan Nur Attalarik. Kami melakukan kegiatan PMM yaitu dengan mengangkat judul Pembiasaan Literasi untuk Menciptakan Generasi Berwawasan Tinggi di SDN 2 Ampeldento.
Kegiatan ini kami laksanakan bersama anak-anak kelas 5 SDN 2 Ampeldento yang berlokasi di Jl. Sentana No. 100 RT. 19 RW. 07 Ampeldento, Kec. Karangploso, Kab. Malang Jawa Timur. Program PMM ini didampingi oleh Ibu Laela Hikmah Nurbatra, S.Pd., M.A., M.EdLead selaku dosen pembimbing lapang.
Literasi ialah suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.
Wujud literasi pada kelas 5 di SDN 2 Ampeldento adalah dengan kegiatan membuat poster yang bertemakan literasi dimana anak-anak dapat menuliskan kalimat yang cocok untuk gambar yang mereka buat dalam poster seperti membaca adalah Gudang ilmu, baca buku satu dapat sejuta ilmu, dan buku adalah jendela dunia.
Tidak hanya itu, kegiatan literasi dilanjutkan dengan membaca di pojok baca yang ada di dalam kelas. Anak-anak membaca buku setelah itu, mereka menceritakan kembali apa yang mereka baca dan menyampaikan apa isi pesan moral yang dapat diambil.
Anak-anak juga diajak membuat pot dari limbah botol plastik.
Selain berfungsi untuk menghias sudut baca, kami mengajarkan kepada anak-anak bahwa botol plastik tidak hanya menjadi limbah yang tidak berguna melainkan dapat diolah kembali menjadi pot dari limbah botol plastik yang bernilai estetika.
Kemudian, kami juga mengadakan game dimana game ini menguji konsentrasi anak dalam mengingat-ingat kalimat yang sulit.
Pada game ini setiap anak memiliki berbagai tantangan mulai dari operasi hitung bilangan, ABC 5 dasar anak menyebutkan nama hewan, suit batu kertas gunting, pertanyaan pengetahuan umum seperti nama ibu kota negara, dan menyebutkan Pancasila. Mereka yang tercepat akan menjadi pemenang dan mendapatkan reward. Anak-anak terlihat sangat antusias dengan game ini dan berbagai kegiatan yang kami laksanakan di SDN 2 Ampeldento.mereka juga menyambut hangat kami.