Lihat ke Halaman Asli

Thursky Angel

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Kepedulian terhadap Lingkungan

Diperbarui: 19 Maret 2021   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kompas.com

Saat ini, terdapat banyak kasus yang berkaitan dengan kerusakan-kerusakan alam yang terjadi karena perbuatan oknum-oknum tertentu yang tidak memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan alam disekitarnya. Melihat berbagai fenomena terkait kerusakan alam yang terjadi dimana-mana, tentu saja menjadi perhatian khusus bagi para masyarakat  yang cinta akan lingkungan dan sumber daya alam di Indonesia. Begitupun dengan Komunitas Marine Buddies Indonesia, dalam hal ini khususnya Marine Buddies Denpasar.

Marine Buddies ini merupakan salah satu komunitas yang dibentuk dengan tujuan utama peduli terhadap lingkungan. Marine Buddies bergerak terhadap kepedulian lingkungan khususnya dalam bidang konservasi ekosistem laut. Kepedulian terhadap lingkungan khususnya konservasi laut inilah yang membuat saya bersama kelompok lebih tertarik dan memilih komunitas Marine Buddies Denpasar sebagai penelitian kami. Adapun persiapan-persiapan yang saya dan kelompok lakukan untuk bisa melakukan penelitian terhadap komunitas ini. Awalnya saya dan kelompok melakukan pencarian informasi melalui akun Instagram Marine Buddies Indonesia. Disana kami mendapatkan informasi bahwa Marine Buddies ternyata ada di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Selanjutnya, kami memutuskan untuk memilih Marine Buddies Denpasar karena salah satu dari anggota kelompok kami saat ini sedang berdomisili di Bali. Hal ini dapat memudahkan kelompok jika membutuhkan informasi tambahan terkait komunitas ini.

Setelah itu, kami pun meminta izin kepada pihak komunitas untuk melakukan penelitian via DM Instagram. Komunitas pun menyetujuinya dan memberikan kontak WhatsApp untuk mempermudah kelompok kami untuk bertanya lebih jauh terkait komunitas. Setelah itu, kami meminta surat izin dari kampus untuk melakukan penelitian terhadap komunitas. Tak lupa kami memberikan surat izin kepada komunitas untuk memperlancar kegiatan penelitian. Kemudian pihak komunitas menghubungi kami untuk melakukan wawancara melalui Zoom. Dari wawancara tersebut kami mendapatkan informasi-informasi lebih jauh terhadap program-program, keanggotaan, dan visi-misi dari Marine Buddies.

Dimana visi-misi dari Marine Buddies ini adalah konservasi laut. Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini lebih ke offline, seperti membersihkan pantai dari sampah-sampah, talkshow, dan kegiatan-kegiatan lainnya terkait pengajaran akan pentingnya pemeliharaan lingkungan khususnya ekosistem laut. Hal yang paling unik dari komunitas ini adalah titik sasarannya adalah anak-anak muda se-Indonesia yaitu dengan menggandeng kaum muda untuk turut ikut dalam pemeliharaan ekosistem laut. Namun karena adanya pandemi saat ini, maka menjadi tantangan tersendiri bagi Marine Buddies Denpasar. Dimana program-program komunitas yang awalnya offline diubah ke online. Program-program online yang dibuat oleh komunitas pun tidak kalah menarik. Kegiatan-kegiatannya seperti webinar, kampanye, dan dalam waktu dekat ini komunitas Marine Buddies Denpasar akan mengadakan nobar (nonton bareng) yang masih berkaitan dengan alam khususnya konservasi laut.

            Sejauh ini saya bersama kelompok sudah diizinkan untuk bergabung dengan komunitas dan kami pun diajak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dari komunitas Marine Buddies Denpasar. Rencananya saya bersama kelompok akan ikut kegiatan nobar (nonton bareng) secara virtual bersama komunitas Marine Buddies Denpasar. Kemudian, kami pun akan meminta izin kepada koordinator dari komunitas Marine Buddies Denpasar agar kami bisa bergabung di dalam grup khusus para anggota dari komunitas ini. Baik itu melalui WA ataupun telegram (jika ada). Hal ini agar dapat mempermudah kelompok dalam mengamati dan melakukan penelitian terhadap komunitas. Baik dalam berdinamika, program-program apa saja yang akan dibuat, serta bagaimana cara komunitas Marine Buddies ini menghadapi masalah-masalah yang timbul baik secara internal maupun eksternal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline