Lihat ke Halaman Asli

Thursky Angel

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Atma Jaya Yogyakarta

Mengenal dan Melindungi Laut Bersama "Marine Buddies"

Diperbarui: 19 Maret 2021   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan kekayaan laut yang luar biasa. Akan tetapi, Indonesia juga berada pada urutan kedua sebagai negara dengan penghasil sampah laut terbesar di dunia. Hal ini tentu saja mengancam kehidupan serta keindahan biota laut yang ada di perairan Indonesia. Dalam Yuanita (2017), dikatakan bahwa sejumlah upaya dilakukan oleh Pemerintah untuk mengatasi masalah ini dengan membentuk sebanyak 165 kawasan lindung (konservasi) di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk dapat memperluas kawasan lindung (konservasi) menjadi 20 juta hektare namun saat ini hanya terdapat 17 juta hektare kawasan konservasi.

Terdapat beberapa komunitas yang bergerak dalam bidang konservasi laut di Indonesia yang mendukung program pemerintah tersebut. Salah satunya adalah Marine Buddies. Sebelum memulai pembahasan lebih lanjut, kita perlu tahu apa itu Marine Buddies?

Marine Buddies merupakan sebuah komunitas lingkungan yang bergerak dalam bidang konservasi laut. Marine Buddies ini dibentuk oleh WWF Indonesia pada tahun 2008 namun, baru mulai aktif pada tahun 2016 sampai sekarang. Untuk saat ini, Marine Buddies sudah ada di lima kota besar yang ada di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makassar. Sampai saat ini jumlah anggota terbanyak dimiliki oleh Marine Buddies Denpasar yang pada awal sebelum terjadi pandemi sekitar 80 orang anggota namun, setelah pandemi berkurang dan jumlah anggota yang sekarang kurang lebih sekitar 20 orang.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Marine Buddies terkait dengan edukasi akan pentingnya bertanggung jawab terhadap wisata bahari dan konservasi laut. Edukasi yang diberikan tersebut melalui kegiatan-kegiatan seperti workshop (sebelum pandemi), webinar, campaign, serta beberapa kegiatan lainnya yang berhubungan dengan konservasi laut. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan dapat mengubah pola pikir para seseorang untuk menerapkan gaya hidup yang cinta akan lingkungan dan dapat mengajak orang sekitar untuk lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan. Selain itu, berdasarkan pengetahuan yang telah didapatkan melalui kegiatan-kegiatan tersebut maka wawasan menjadi semakin luas, dapat berbagi ilmu, pengalaman, melakukan konservasi, serta melindungi habitat laut agar dapat diikuti oleh masyarakat sekitar.

Sesuai dengan visi dari komunitas ini yaitu, "Menggandeng anak-anak muda se-Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan konservasi laut". Beserta misi "Konservasi laut" maka nilai-nilai terkait konservasi laut pada kegiatan ini yang menjadi sasaran utamanya adalah wisatawan khususnya anak muda.

Kenapa anak muda? Perlu diketahui bahwa pemuda atau anak muda merupakan sebuah aset bangsa atau kekayaan bangsa yang akan terus melanjutkan pembangunan bangsa khususnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Selain itu, kaum anak muda juga memiliki antusias dan mudah menyesuaikan diri pada semua aspek di masyarakat. Oleh karena itu, peran kaum muda sangatlah penting sebagai penggerak dalam kegiatan konservasi laut. kegiatan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemuda seperti tidak mengotori laut, serta mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Melalui tindakan-tindakan sederhana inilah para kaum muda dapat memengaruhi masyarakat sekitar.

Tentunya dengan berperan lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan seperti yang telah disebutkan diatas maka akan timbul banyak kegiatan positif serupa yang mengutamakan kepedulian dan kecintaan pada lingkungan terkhususnya laut Indonesia. Kegiatan-kegiatan tersebut tentu sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar tetapi juga menambah wawasan kita terkait pengenalan dan nilai-nilai konservasi laut.

Daftar Pustaka :

Yuanita, P. (2017). Kenali dan Lindungi Laut Indonesia Lewat 'Marine Buddies'. Dilansir dari https://m.dream.co.id/travel/news/kenali-dan-lindungi-laut-indonesia-lewat-marine-buddies-170306l/sejumlah-public-figure-ikut-dukung-hadirnya-marine-buddies-zm7.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline