"Bang terima kasih, paket kiriman melalui JNE sudah nyampe di kantorku. Cepat juga iya Bang! Baru dikirim kemarin sudah nyampe hari ini."
Begitu respon seorang teman di Medan, sekaligus pelanggan setia produk kesehatan (herbal) yang kami jual.
Respon seperti itu, tentu merupakan respon yang selalu kami tunggu-tunggu dari para pelanggan produk herbal kami.
Itu tandanya, produk yang kami kirim sudah diterima dengan baik. Senang rasanya ketika pelanggan puas dengan kecepatan dan ketepatan pengirimannya.
Dalam dunia usaha yang berhubungan dengan jasa pengiriman, tentu hal itu merupakan salah satu modal kepercayaan bagi para pelanggan. Tidak dimungkiri, berdasarkan cerita orang-orang, bahwa keterlambatan pengiriman produk akan memengaruhi kepercayaan dari pelanggan.
Walaupun produk yang dikirim berkualitas, tetapi ketika produk tersebut tibanya tidak sesuai dengan yang dijanjikan (apalagi molornya bukan satu dua hari), maka itu akan menurunkan kepercayaan pelanggan tersebut.
Masalahnya, jasa pengiriman yang terkadang berkendala tetapi malah pihak penjual yang kadang kala menerima risikonya, tidak dipercaya.
Artinya, seorang penjual memang harus benar-benar memilih jasa pengiriman terpercaya alias memiliki "track record" yang baik.
Sejak 2010, kebetulan saya dan istri sudah menggeluti usaha yang berhubungan dengan produk kesehatan (herbal). Bisa dibilang, kami selalu memilih dan menggunakan jasa JNE untuk pengirimam produk tersebut.
Alasannya, bukan semata karena kantor layanan JNE dekat dengan rumah tempat tinggal, tetapi karena sejak 2010 sampai sekarang, belum ada pelanggan kami yang protes karena produk rusak diperjalanan dan waktu penerimaan produk masih sesuai dengan waktu yang kami janjikan.
Satu lagi, pelanggan kami umumnya meminta agar pengiriman produk dilakukan dengan jasa JNE saja. Memang saya tidak pernah melakukan survei tentang alasan mereka meminta pengiriman menggunakan jasa JNE, tetapi ada yang bilang dari mereka bahwa layanan JNE jauh lebih terpercaya.