Di sebuah kantor, mungkin kita pernah menemukan dua tipikal ini. Pertama, orang yang senang menginspirasi, sehingga teman-temannya dapat termotivasi. Sementara orang yang kedua, orang yang senang memprovokasi yang mengakibatkan rekan kerjanya mengalami demotivasi. Setiap kebijakan kantor ataupun keputusan bersama, akan selalu ditanggapi berbeda oleh kedua tipikal tersebut.
Orang yang memiliki tipikal inspirator, akan segera menyikapi setiap kebijakan atau keputusan bersama dengan kacamata yang positif. Kemudian mulai memikirkan dan mengimplementasikannya dengan cara yang kreatif dan inovatif.
Orang tipikal ini pun tidak akan pelit untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada rekan kerjanya di kantor. Sangat bisa diandalkan untuk tempat bertanya serta menambah ilmu pengetahuan.
Sangat berbeda dengan tipikal orang yang kedua. Biasanya orang yang kedua ini, setelah menerima informasi atau mendapatkan sosialisasi tentang kebijakan baru atau hasil keputusan bersama tadi, tidak jarang tipikal orang seperti ini akan segera mencari celah untuk mengritik dan menjelek-jelekkan pimpinan atau tempat bekerjanya.
Kemudian tidak segan-segan pula untuk memprovokasi rekan-rekan kerjanya, agar menolak kebijakan dan keputusan bersama. Kalau disuruh mengerjakan pekerjaannya, akan selalu berdalih dan bersungut-sungut. Kalaupun mengerjakan tugasnya, maka dia akan mengerjakannya dengan seadanya saja.
Sesungguhnya, apakah yang memengaruhi perbedaan cara pandang kedua tipikal orang tersebut terhadap pekerjaannya? Betul sekali. Prinsip atau nilai yang dianutnya. Begitu pula dengan etos kerja yang melekat dalam dirinya. Apakah pekerjaan itu? Mengapa harus bekerja? Bagaimana harus bekerja?
Semua jawabannya tentu tergantung prinsip, nilai dan etos kerja yang dianut orang tersebut. Kalau dirinya memiliki prinsip, nilai dan etos kerja yang baik, maka pandangannya terhadap pekerjaannya akan positif. Sebaliknya kalau prinsip, nilai dan etos kerjanya jelek, maka pekerjaannya akan negatif.
Memang kalau bicara tentang akar masalahnya, bisa saja tipikal orang yang kedua ini memiliki cara pandang yang keliru karena masalah pribadi, atau barangkali merasa tidak puas terhadap gaji, fasilitas atau karir yang didapatnya di kantor tempatnya bekerja. Tetapi sesungguhnya, kalau itu yang menjadi pokok permasalahannya, justru itu menunjukkan ketidakdewasaan dalam bekerja.
Mengapa? Karena kalau mengorbankan prinsip, nilai, dan etos kerja karena ketidakpuasan, sebenarnya orang tersebut sedang menurunkan kualitas diri dan merusak identitasnya. Kalaupun memang ada masalah seperti itu, sesungguhnya bukan kualitas kinerja yang diturunkan.
Sebaliknya kulitas kinerja harus ditingkatkan, karena itu akan menjadi keunggulan seseorang. Bahkan dimanapun seseorang berada, kualitas kinerja adalah daya jualnya.
Saya jadi teringat dengan isi sebuah buku yang pernah saya baca, yakni yang mengulas tentang alasan seharusnya dalam bekerja. Buku yang saya maksudkan adalah "8 Etos Kerja Profesional", yaitu buku yang ditulis oleh Jansen Sinamo. Kira-kira demikian bunyinya.