Lihat ke Halaman Asli

Thurneysen Simanjuntak

Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

Berbuka dengan Bahan Dasar Buah Lokal

Diperbarui: 11 Mei 2020   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Berbuka adalah saat yang dinanti oleh orang yang berpuasa, tentu setelah sehari penuh  berjuang menahan haus dan lapar. Ketika sudah pada titik itu, tentu ada kebanggaan tersendiri bahwa ibadah berhasil dijalankan dengan baik.

Nah, kalau sudah bicara tentang berbuka puasa, pasti tidak akan lepas dengan beragam makanan atau minuman yang telah terhidang di meja makan. Selera dan pilihan setiap orang tentu berbeda.

Kalau saya pribadi, misalnya sedang mendapat undangan dari teman atau komunitas untuk acara berbuka puasa bersama, biasanya saya lebih senang menikmati sajian yang berbahan dasar buah lokal sebagai hidangan pembukanya.

Alasannya, hidangan berbahan dasar buah lokal itu penuh dengan gizi dan menyehatkan. Selain itu, sajian berbahan dasar lokal buah tentu mampu menampilkan kekhasan negeri kita. Kita harus bangga bahwa negeri kita sangat kaya dengan bahan dasar itu.

Apalalagi hidangan yang berbahan dasar buah lokal itu bisa dibuat berbagai variasi. Sehingga kesannya tidak itu lagi dan itu lagi.

Kalau ditanya, kira-kira hidangan apa yang paling saya senangi dari sebegitu banyaknya hidangan yang berbahan dasar buah tersebut? Mau tahu jawabannya? Ini dia,  es sop buah.

Melihat dan mendengar namanya saja (es sop buah seger), lidah saya langsung berontak. Pengen buru-buru saja menikmatinya. Apalagi sekarang suhu sudah mulai panas kembali setelah musim hujan berlalu.

Nah, kalau bicara tentang bagaimana cara mengolah sajian berbuka puasa berbahan dasar buah lokal, sebenarnya sederhana. Sekarang ada banyak resep yang bisa kita temukan di internet. Tapi, kali ini saya ingin mencoba menguraikan cara yang pernah dibuat oleh istri. Semoga saja tidak keliru. Hehe....

Pertama-tama, sediakan beberapa jenis buah, seperti buah naga, melon, semangka, papaya, alpukat, dan kelapa muda. Selanjutnya sediakan susu kental manis, sirup sesuai selera dan es batu.

Sekarang, potong-potong semua buah dengan ukuran kira-kira sebesar dadu. Lalu masukkan dan campur di dalam satu wadah. Lalu, serut es batu agar lebih mudah menyatu dengan buah dan mencair.

Setelah itu, tuangkan sirup secukupnya ke dalam buah yang sudah bercampur tadi. Lalu tambahkan susu kental manis sesuai kebutuhan Anda. Aduk semua bahan-bahan hingga merata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline