Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Membanggakan, 55 Pekerja Migran Indonesia Jadi Sarjana di Malaysia

Diperbarui: 3 Oktober 2024   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Antara PMI Wisudawan UT di Kuala Lumpur Malaysia. Dok.Pribadi/THS

SUNGGUH membanggakan, 55 Pekerja Migran Indonesia (PMI) berhasil lulus Universitas Terbuka (UT) dan diwisuda di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Minggu, 29 September 2024 yang lalu. Para PMI tersebut, selama ini kuliah sambil kerja melalui program Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka (UT).

Upacara wisuda dipimpin oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si yang digelar secara rutin setiap tahun ini di Aula Hassanuddin KBRI Kuala Lumpur. Pada tahun ini, acara dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhammad Firdaus, Ph.D., Wakil Rektor II  Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S. E., M.Si., Direktur UT Medan Yasir Riyadi, M.Hum., Ketua IKA UT Wilayah Sumatera Utara, dan Koordinator UT se Malaysia Taufiqurrahman Hasyim Salengke.

Dalam SK Rektor UT yang dibaca oleh Direktur UT Medan Yasir Riyadi, M.Hum., tercatat sebanyak 55 orang mahasiswa yang terdiri dari Pekerja Migran Indonesia, berhasil lulus tepat waktu dengan rata rata nilai yang sangat memuaskan. Aktivitas sehari hari mereka di Malaysia adalah bekerja di sektor industri, restoran dan konstruksi.

Data yang diwisuda berasal dari UT Pokjar Kuala Lumpur (33 mahasiswa), UT Pokjar Penang (17 mahasiswa), dan UT Pokjar Johor (6 mahasiswa). Adapun yang hadir pada acara tersebut, sebanyak 46 mahasiswa, sementara sisanya telah mengikuti wisuda di Indonesia.

Koordinator UT se Malaysia Taufiqurrahman Hasyim Salengke membacakan SK Direktur UT Medan tentang Ketetapan Lulusan Terbaik UT di Malaysia tahun 2024 yang diraih oleh Ulfa Dwi Retnaningsih dengan IPK 3.78 dari Prodi Akuntansi, FEB UT.

Dalam pidato sambutannya, Atdikbud Profesor Muhammad Firdaus, Ph.D menekankan konsep ling live education. "Hendaknya dengan capaian pendidikan sebagai sarjana ini, dapat memberikan dampak yang nyata bagi peningkatan karir di tempat kerja atau bahkan mampu membuat lapangan kerja sendiri," tegas Atdikbud.

Sementara itu, Wakil Rektor II Profesor Dr Ali Muktiyanto menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada KBRI Kuala Lumpur yang dengan penuh perhatian membantu Universitas Terbuka memfasilitasi berbagai kegiatan mahasiswa UT di Malaysia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua IKA UT menyampaikan kekagumannya, bahwa PMI kita bukan hanya bisa bekerja mencari uang saja, tetapi bisa sambil kuliah meningkatkan kapasitas pendidikan, sehingga bisa kembali ke tanah air membawa uang dan gelar sarjana.

Pada hari yang sama, setelah upacara wisuda berlangsung, dilanjutkan juga dengan acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang diikuti oleh 150 mahasiswa baru UT Pokjar Kuala Lumpur.

Upacara Wisuda dan OSMB UT tahun ini, dimeriahkan dengan penampilan tim tari UTKL. Upacara wisuda berlangsung khidmat dan lancar. Sementara acara OSMB berlangsung interaktif dan meriah.*

Cameroon Highland, 1 Oktober 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline