Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Cara Menyiasati Maskapai yang Sering Menukar Boarding Gate

Diperbarui: 13 Agustus 2024   12:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi-- Suasana Terminal 1 Kuala Lumpur International Airport. Per 1Agustus 2022.(Shutterstock/Markus Mainka via Kompas.com)

DUNIA TRAVELING kadang menyenangkan dan kadang juga menyebalkan. Pembaca pasti sering mengalami berbagai peristiwa saat berurusan dengan airline. Tidak perlu saya sebutkan di sini, karena sederet peristiwa sering terjadi mulai dari pemesanan tiket, notifikasi perubahan jadwal, pembatalan penerbangan, dan lain sebagainya, termasuk penukaran "boarding gate."

Akhir pekan lalu, saya kembali mengalaminya sendiri saat melakukan perjalanan Kuala Lumpur-Jakarta. Setelah melakukan proses check-in di Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Sepang, tertera di boarding pass Gate C-24. Artinya Blok C pintu 24. 

Bangunan Gate C-24 jauh dan harus nak connecting bus. setelah hampir satu jam menunggu di area gedung C pintu 24, tiba-tiba muncul informasi di layar monitor, gate bertukar ke H-10 (new gate). Artinya saya harus kembali ke bangunan utama dan tentunya harus menggunakan connecting bus, karena beda gedung.

Para penumpang banyak yang ngamuk. Benar juga penumpang meluahkan ketidakpuasan, karena harus pindah ke gedung yang berbeda yang jaraknya tidak bisa ditempuh dengan berlari, apalagi jalan kaki. Akan sangat menyusahkan bagi difabel atau lansia, baik yang berkursi roda ataupun tidak. Intinya, insiden menukar pintu keberangkatan, sangat tidak menyenangkan.

Namun saya mencoba tenang walau saya tahu bahwa saya harus bergegas cepat ke tempat bus yang cukup jauh, agar bisa mencapai gedung Blok H tempat pesawat yang akan saya tumpangi, bersandar. 

Saya coba mengukur situasi bandara, jarak tempuh, dan sisa waktu sebelum boarding time. Alhamdulillah walau sedikit berlari, saya tiba di Gate H10. Penumpang lain juga banyak yang baru sampai dengan wajah kesal sambil ngomel.

***

King Abdul Aziz International Airport.(Dokumentasi pribadi)

Beberapa hari kemudian, saat akan kembali dari Soekarno Hatta International Airport, Jakarta juga demikian, maskapai penerbangan secara tiba-tiba menukar boarding gate. Walau dalam satu gedung terminal yang sama, yakni dari pintu 3 ke pintu 5, namun tentu cukup membuat para calon penumpang yang sudah lama menunggu di ruang tunggu pintu 3 untuk buru-buru bergegas ke pintu 5.

Kejadian semacam itu sudah sangat sering terjadi. Namun kita tidak boleh memandang remeh, karena bisa berakibat fatal, seperti yang dialami seorang penumpang saat saya menaiki Cathay Pacific dari Hongkong ke Kuala Lumpur. Gara-gara airline menukar boarding gate, dia gagal terbang, karena tidak sanggup bergegas dengan cepat untuk mencapai new gate.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline