Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Memenangkan Bisnis dengan Strategi Samudera Biru

Diperbarui: 1 Juli 2022   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Binis Muda

BISNIS di pasar global tentu memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat. Namun begitu, yang namnya bisnis, pelaku harus memenangkan persaingan  secara profesional. Kita kenal Strategi Samudera Biru.

Strategi Samudera Biru atau Blue Ocean Strategy (BOS) merupakan konsep bisnis yang ditandai oleh ruang pasar yang luas, pola permintaan pasar yang tinggi, dan juga potensi keuntungan yang sangat menjanjikan. 

Diperkenalkan secara resmi pertam kali pada tahun 2005 oleh Renee Mouborgne dan W. Chan Kim melalui buku mereka berjudul Blue Ocean Strategy. Strategi ini menjamin kenyamanan dan kelancaran dalam mengembangkan usaha yang lebih efesien, teritama di era konektivitas global dengan kemajuan teknologi informatika yang pesat.

Empat ciri BOS yang cukup menonjol adalah, sbb: melakukan persaingan di pasar yang nyata (tertentu), menghindari kompetisi tidak sehat, memberdayakan sumber daya yang ada secara maksimal, dan menjaga nilai atau biaya operasional bisnis.

Sementara itu, dalam catatan Dann (1991) mengkategorikan ciri Red Ocean Strategy (ROS) yang merupakan strategi bisnis yang situasinya penuh persaingan dan kurang efektif dalam meraih keuntungan, yakni menciptakan ruang pasar yang tidak terbantahkan, menciptakan sutiasi kompetisi yang tidak relevan, mencari sumber daya yang baru, dan bisa merusak nilai operasional.

Dalam menjawab pertanyaan bagaimana perusahaan dapat memenangkan persaingan di pasar global, BOS memiliki strategi, sbb:

Pertama: menciptakan inovasi baru dengan memberdayakan resources yang ada, baik itu aset sosial maupun aset fisik yang ada dalam perusahaan. Biasanya perusahaan tampil dengan slogan-slogan yang unik untuk menarik perhatian pasar.

Kedua: mendorong karyawan untuk berkreativitas dalam rangka memenuhi keperluan pasar. Dalam hal ini, karyawan mesti dibekalkan dengan pengetahuan dalam menguasai pasar dan pemanfaatan aset perusahaan.

Ketiga: Membaca peluang yang ada dengan cara membangun hubungan yang baik di kalangan internal perusahaan dan dengan unsur lain di luar perusahaan, baik pemerintah maupun swasta.

Konsep BOS mengutamakan persaingan yang sehat di pasar yang nyata dengan mengintegrasikan instansi pemerintah dan swasta dalam menjamin sebuah usaha berjalan dengan baik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline