Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Memastikan Manfaat Knowledge Management dalam Pemberdayaan Karyawan

Diperbarui: 2 Juni 2022   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Wallpaper Better

DETERMINAN knowledge management yang umumnya digunakan adalah knowledge acquisition, knowledge sharing, knowledge utilization, knowledge creation

Konsep knowledge management merupakan upaya penyamaan pengetahuan dan persepsi sesuai visi dan misi perusahaan, sehingga tercapai tujuan yang ditargetkan. 

Knowledge management menjadi salah satu solusi membantu karyawan mencapai tahap pengetahuan yang diinginkan oleh perusahaan, sehingga individu di dalam organisasi atau perusahaan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang setara dengan yang lainnya.

Pengetahuan dan keterampilan kerja karyawan yang setara dengan karyawan lain sangat penting sekali, supaya mereka dapat menerapkan dalam tugas dan tanggungjawab sesuai posisi masing-masing dalam membantu mengembangkan sebuah organisasi kerja. 

Knowledge management dapat diaplikasikan dalam konsep: teknik dan penguasaan teknologi, penguatan organisasi, dan akses saling berbagi sources yang ada di tempat kerja.

Tujuan dan manfaat knowledge management adalah untuk mengembangkan dan memantapkan pengelolaan pengetahuan karyawan terhadap sistem kerja dan asep perusahaan untuk menghasilkan produk yang berdaya saing dalam rangka menciptakan nilai bisnis yang tinggi

Proses yang dapat di gunakan oleh perusahaan dalam hal knowledge management adalah sharing knowledge, knowledge utilization, knowledge capture, knowledge application, dan knowledge acquisition. Kesemua proses tersebut mendukung perusahaan dalam menciptakan karyawan yang mahir dan kreatif untuk kedepannya dapat melakukan terobosan-terobosan inovatif.

Banyak sekali contoh perusahaan yang menerapkan knowledge management dan pada prinsipnya semua perusahaan pasti menerapkannya hanya saja berbeda-beda volume dan konsepnya. Sebut saja PT Telekom, PT Unilever, PT Newmont, PT Pertamina, PT Garuda Indonesia, dan lain sebagainya. 

Terkait bagaimana prosesnya, pastinya tak jauh dari konsep inti proses knowledge management yang kita pahami selama ini.[]

Semoga bermanfaat.

KL: 02062022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline