Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Wuhan yang Seksi

Diperbarui: 20 Februari 2020   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok. Bazan Travel)

Sebuah portmanteau yang terbentuk dari dua nama kota besar di tanah Tiongkok, yakni Wuchang dan Hankou sehingga jadilah Wuhan. Daerah modern nan indah di lembah Sungai Yangtze itu, dulunya taklah setenar sekarang yang sampai anak kecilpun menyebut-nyebut namanya.

Wuhan kini lagi mendunia bak gadis jelita yang menjadi bunga desa, dipuji-puji oleh penduduk di setiap pelosok kampung. Sayangnya Wuhan menjadi buah bibir dunia karena petaka virus corona yang mematikan itu.

***

Wuhan, satu ketika dulu kumelintas di atasmu, dari dalam burung besi kutatap jembatan, jalan layang, taman rekreasi, dan gedung-gedung pencakar langit yang sungguh menakjubkan. Sebut saja Wuhan Center, TV Taihe Square Gishan, dan yang sangat menawan adalah Menara Bangau Kuning yang telah menginspirasi perkembangan dunia sastera zaman Dinasti Qing.

Wuhan merupakan salah satu daerah terpenting di Tiongkok, merupakan pusat pendidikan dan industri berteknologi tinggi. Luas daerahnya 8.494 km persegi dengan populasi penduduk sekitar 11.08 juta jiwa.

Kini saban hari Wuhan menjadi buah bibir, mewarnai berita dunia di semua media massa dan media sosial. Media arus perdana Indonesia melangsir sekitar 75.196 orang dinyatakan positif terinveksi virus yang nama resminya Covid-19 itu. Dari jumlah tersebut dilaporkan 14,448 orang dinyatakan sembuh dan 2,009 meninggal dunia.

Kita berharap Wuhan tetap menjadi sorotan dunia, tetapi bukan tentang corona melainkan karena kecantikan Wuhan yang senantiasa menghipnotis setiap orang yang mengunjunginya.

***

Mari menjaga kesehatan diri masing-masing dan senantiasa  mematuhi arahan pihak berwenang sebagai bentuk kontribusi kita menanggulangi menyebarnya virus corona di tengah masyarakat. Jangan lupa senantiasa memakai masker setiap ke pusat keramaian dan juga selalu cuci tangan setelah melakukan aktivitas.[]

Sekadar berbagi.

KL: 20022020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline