Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Dinamika Hubungan Benci tapi Rindu ala Indonesia-Malaysia

Diperbarui: 12 April 2019   08:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok. Antaranews.com)

Hubungan Indonesia-Malaysia itu sangat seksi. Kedua Negara bertetangga ini sangat akrab, masyarakatnya pun demikian. Namun sering juga diterjang masalah serta tersulut api dendam kesumat, lalu akur kembali.

Semangat kejiranan, prinsip satu komunitas ASEAN, koitmen Sosek Malindo, kerja sama IM-TGT, latgab militer, dan berbagai bertuk kegiatan bersama yang mengakrabkan hubungan masyarakat Indonesia-Malaysia.

Lalu bagaimana dengan sering munculnya konflik dalam berbagai persoalan sehingga menyebabkan retaknya hubungan kedua negara?

Pekan ini, masyarakat Indonsia dan Malaysia kembali saling cubit melalui media sosial terkait insiden petugas keamanan laut kedua negara saling gertak gara-gara nelayan yang menangkap ikan di perairan negara tetangga.

Tampaknya luka sejarah konfrontasi Indonesia-Malaysia 1965-1966 belum sembuh total. Serangkaian peristiwa klaim batas wilayah, klaim karya seni, dan perlakuan tidak menyenangkan terhadap buruh migran Indonesia seolah-olah menjadi cuka yang disiran untuk memperparah luka lama.

Kalau kita pahami konsep potensi konflik yang disebabkan oleh faktor kedekatan geografis, tingginya volume interaksi masyarakat, perkongsian batas wilayah, kesamaan asal usul budaya dan hal lainnya, maka kita akan memaklumi setiap dinamika hubungan yang cenderung berpotensi konflik.

Kasus yang membelenggu Korea Utara-Korea Selatan, India-Pakistan, Israel-Palestina, Jepang-Cina, dan konflik yang meretakkan hubungan negara-negara bertetangga di Timur Tengah.

Hubungan Indonesia-Malaysia tak ubah hubungan dua saudara kandung yang tentu lebih sering berkonflik bila dibandingkan dengan teman sepermainan atau teman sebaya yang tidak ada hubungan pertalian darah sama sekali. Jadi, sangat kecil kemungkinan Indonesia atau Malaysia akan berkonflik dengan negara yang letak geografisnya jauh di benua lain.

Ada satu hal yang perlu diermati dengan bijak, supaya kita tidak capek sendiri berkoar-koar bak pahlawan kesiangan. Setiap terjadinya insiden yang memicu konflik antara Indonesia dan Malaysia, masyarakat Inonesia lewat media massa akan tersulut cepat emosinya sampai aksi bakar bendera dan lain sebagainya. Sementara di lain sisi, Malaysia sendiri adem-ayem saja, bahkan banyak masyarakat Malaysia yang tidak tahu insiden apa yang terjadi.

Keributan yang dibuat di dalam negeri sebenarnya tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Justru akan lebih memperkeruh dan mempersulit proses penyelesaiannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline