Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Terminologi "Pribumi" yang Mendadak Tenar

Diperbarui: 19 Oktober 2017   11:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kiblat.net

Dari Balaikota, Senin (16/10) yang lalu, kata "pribumi" mencuat, membahana ke seantero nusantara lewat pidato perdana Gubernur DKI terpilih Anies Rasyid Baswedan. Sebuah kata sederhana sebenarnya, tetapi ia memiliki makna emosional bagi rakyat Indonesia. Terminologi pribumi lah penjajah meciptakan dikotomi masyarakat yang ada di Indonesia saat itu sehingga dapat dilihat lewat batasan peran interaksi antara mereka dengan sang empunya negeri.

Tanpa diungkapkan oleh Pak Gubernur pun, terminologi pribumi tetap memiliki makna diskriminatif yang dengan kebetulan disampaikan secara verbal oleh Anies Baswedan pada saat semua mata yang pro dan kontra tertuju padanya. Dengan demikian, publik menilai pemilihan kata "pribumi" yang dipakai untuk maksud membela masyarakat lokal DKI Jakarta malah sebaliknya telah membuka lembaran sejarah silam bangsa yang sangat pahit yaitu terjajah dan tertindas oleh bangsa pendatang.

Sebenarnya siapa saja boleh membuat istilah khusus dalam melihat sebuah masyarakat dalam bentuk stratifikasi dan juga diferensiasi sosial. Namun demikian, tentu tidak perlu "bermain api" di sekitar masyarakat multi ras, agama dan etnis karena kalau kita saring-saring, sejatinya sangat tipis sekali untuk menunjuk yang mana satu pribumi dan yang mana satu non-pribumi. Jangan-jangan semua yang berdomisili di Jakarta adalah pendatang.

Sejarah Pengelompokan Masyarakat di Indonesia

Sebagaimana disebutkan di atas tadi, bahwa bangsa kolonial telah mengkelas-kelaskan masyarakat Indonesia yang secara kasat mata memang sudah hidup dalam bingkai yang satu walau sejatinya mereka berbeda. Perbedaan itu berpotensi besar terwujud di Indonesia mengingat kondisi geografis wilayah nusantara yang berpulau-pulau.

Coba sejenak kita lihat kelas sosial yang dibuat oleh para penjajah dalam tiga kelompok kelas utama yaitu:

Pertama: Orang Eropa dan keturunannya.

Kedua: Orang Timur seperti Arab, Cina, India yang datang untuk berdagang dan berdakwah.

Ketiga: Orang Pribumi atau penduduk asli yang lahir dan berkembang di Indonesia.

Kita bisa juga cermati bagaimana Antropolog Amerika Cliffort Geertz yang telah mengelompokkan masyarakat jawa dalam bukunya "The Religion of Java" dengan stratifikasi Priayi, Santri,dan Abangan.

Sementara itu, kalau masyarakat Indonesia yang berbicara, maka kelas sosial yang dilihat berdasarkan asal usul, status dan pencapain seseorang pasti akan terbentuk kelas sosial seperti ini sbb:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline