Lihat ke Halaman Asli

T.H. Salengke

TERVERIFIKASI

Pecinta aksara

Pesan Kebangsaan Lewat Bunga Nasional

Diperbarui: 16 April 2017   06:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bibitbungan.com

Bunga bisa melambangkan karakteristik bangsa. Mencerminkan keindahan negara, menggambarkan kesejahteraan dan ketenteraman hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Wilayah ASEAN merupakan wilayah yang cukup subur dan indah. Ditumbuhi oleh berbagai spesies bunga sehingga negara-negara di Asia Tenggara memiliki bunga nasional masing-masing.

Indonesia telah menetapkan tiga spesiies bungan nasional. Ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993, yaitu:

Bunga Melati, dijuliki sebagai Pupa Bangsa. Bunga yang nama latinnya Jasminum sambacberwarna putih dan terkenal dengan aroma harum dan segar. Masyarakat Indonesia diharapkan bisa hidup setanggu bunga melati yang bisa hidup subur di kawasan tropis. Senantiasa menebarkan kebaikan serta berjiwa sederhana.

Bungan Anggrek Bulan, dijuluki sebagai Puspa Pesona. Bunga yang mempunyai nama latin Phalaenopsis amabilisterkenal sangat mempesona karena bentuk kelopak lebar yang indah dengan bunga berwarna putih. Masyarakat Indonesia dilihat sebagai masyarakat yang berbudi luhur, menjunjung tinggi adat istiadat dan persaudaraan dalam keberagaman. Jiwa inilah yang membuat masyarakat Indonesia dilihat sangat mempesona bagi masyarakat luar.

Anggrek-ist.blogspot.com

Padma Raksasa, ditetapkan sebagai Puspa Langka atau bunga Rafflesia arnoldi yang menjadi simbol kebanggaan tersendiri daerah Bengkulu. Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang unik dan membanggakan dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk berkiprah di dalam negeri dan dunia internasional.

Twicsy.com

Bunga nasional tersebut memberikan arti tersendiri bagi masyarakat Indonesia dan juga kepada masyarakat internasional akan keunikan dan keasrian alam Indonesia.

Bangga menjadi warga negara Indonesia.***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline