Lihat ke Halaman Asli

Jelang Akhir Tahun, Majelis Nuruddin 8642 Gelar Sholawat Bersama

Diperbarui: 15 Januari 2022   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Welahan - Irmas Syawariqul Anwar Ketileng Singolelo, Welahan, Jepara gelar sholawat dan muhasabah akhir Tahun 2021 dalam rangka memperingati Maulidurrasul Muhammad SAW dan Milad Ke-2 tahun bersama Majelis Nuruddin 8642 dan Kyai Nasikhin pada Jumat malam, 31 Desember 2021 bertempat di Masjid Jami' Syawariqul Anwar Ketileng Singolelo.

Kegiatan pengajian ini diselenggarakan pada malam pergantian tahun sebagai momentum menutup tahun 2021 dengan berdo'a dan bersholawat bersama agar pada tahun berikutnya diberikan keberkahan oleh Allah SWT. 

Pengajian maulid  Nabi Muhammad ini dipimpin langsung oleh Habib Muhsin bin Abdul Qodir Alaydrus selaku khodimul Majelis Nuruddin 8642 dan mauidhoh hasanah oleh Kyai Nasikhin dari Mlonggo.

Menurut petinggi desa Ketileng Singolelo, Agus Supriyanto, mengatakan bahwa adanya kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk syukur dan menjadi tonggak kegiatan Irmas Syawariqul Anwar dan warga Ketileng Singolelo dan sekitarnya untuk berdoa, berzikir dan bersholawat di penghujung tahun 2021.

"Saya atas nama pemerintah Desa Ketileng sangat mengapresiasi sebesar-besarnya atas terselenggarakannya kegiatan ini, ini merupakan kegiatan di akhir tahun yang sangat baik dan mulia. Mudah-mudahan adanya kegiayan ini menjadi tonggak kegiatan Irmas Syawariqul Anwar di Ketileng Singolelo dan berbagai kegiatan lainnya, dan juga kegiatan ini diselenggarakan tepat pada malam pergantian tahun masehi yang mana kita itu sering memperingati dengan acara bakar-bakar, berpesta dan jalan-jalan dan pada malam ini, Alhamdulillah kita dapat berkumpul bersama menggelar acara sholawatan bersama Habib Muhsin dan Majelis Nuruddin 8642," paparnya.

Agus Supriyanto menambahkan,  adanya kegiatan ini adalah upaya untuk merekatkan warga Ketileng Singolelo serta untuk mendukung berbagai kegiatan keagamaan maupun kegiatan baik lainnya yang di selenggarakan oleh Irmas Syawariqul Anwar dengan tujuan agar dihindarkan dari kesulitan dan berbagai musibah. 

Walaupun di tengah pandemi, tidak menyurutkan semangat kita untuk beribadah dan berholawat, Insyaallah dengan niat baik akan menumbuhkan berkah tersendiri dan adanya berbagai kegiatan seperti ini akan menumbunkan rasa guyup rukun dan gugur gunung antar warga Ketileng Singolelo.

Dalam mauidhohnya, Kyai Nasikhin memberikan pesan agar nanti tepat pada pukul 00.00 WIB, disaat semua orang sedang lalai atau ghoflah kita semua yang ada di dalam Majelis penuh rahmat ini membaca kalimat "Laa Illaha Illallahu"  sebanyak tiga kali dengan niat yang baik dan meminta ampunan. 

"Kita semua yang hadir disini adalah orang-orang pilihan, yang lebih memilih hadir di Majelis ini di tengah malam pergantian tahun yang mana orang lain sedang bergembira sedangkan kita mengadakan doa dan sholawat bersama" imbuhnya.

Kegiatan maulid ini berlangsung selama 5 jam lamanya, semua warga sangat antusias dan bersemangat dalam menyenandungkan sholawat bersama Habib Muhsin, dan di saat Mahalul Qiyam nuansa pengajian terasa sangat tenang dan khidmat. 

Habib Muhsin seraya berdo'a dan memohonkan ampunan, meyakinkan dan mengatakan kepada Jamaah untuk niat taubat, niat membersihkan dan menata hati dan yakin jika Nabi Muhammad hadir di tengah-tengah Majelis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline