Lihat ke Halaman Asli

Thoriq jabal al qubais

Mahasiswa Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Teori Hasibuan: Sasaran

Diperbarui: 29 November 2024   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Teori Hasibuan mengenai sasaran peserta didik berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan yang jelas dan terukur, yang dapat membantu dalam proses pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Hasibuan menekankan pentingnya penetapan sasaran yang tepat untuk peserta didik agar proses pendidikan dapat berjalan efektif dan efisien. Beberapa poin penting dalam teori Hasibuan terkait sasaran peserta didik adalah:

Yang pertama, Sasaran yang Jelas dan Terukur: Sasaran pendidikan untuk peserta didik harus dirumuskan secara spesifik dan dapat diukur. Ini mencakup kompetensi atau keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam periode tertentu, seperti nilai ujian, kemampuan praktis, atau penguasaan materi pelajaran.

Yang kedua, Sasaran yang Mencapai Potensi Peserta Didik: Sasaran harus dapat mengembangkan potensi individu peserta didik secara maksimal. Setiap peserta didik memiliki keunikan dan kemampuan yang berbeda, sehingga sasaran pendidikan harus memperhatikan perbedaan ini dan menantang mereka untuk mencapai hasil terbaik yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Yang ketiga, Sasaran yang Relevan dengan Kebutuhan dan Konteks: Sasaran pendidikan perlu relevan dengan kebutuhan sosial, ekonomi, dan budaya di lingkungan peserta didik. Hal ini akan membuat sasaran pendidikan lebih bermakna dan membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan di dunia nyata.

Yang keempat, Partisipasi Aktif Peserta Didik: Sasaran pendidikan harus melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Mereka tidak hanya sebagai penerima informasi, tetapi juga harus aktif dalam merencanakan dan mengevaluasi sasaran mereka sendiri, yang dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar.

Yang kelimaEvaluasi dan Umpan Balik: Sasaran yang ditetapkan harus diikuti dengan evaluasi yang teratur. Peserta didik perlu mendapatkan umpan balik mengenai kemajuan mereka untuk mengetahui apakah mereka sudah berada pada jalur yang benar atau perlu perbaikan.

Dengan demikian, teori Hasibuan tentang sasaran peserta didik mengajukan pendekatan yang terstruktur dan sistematis, di mana sasaran pembelajaran ditetapkan dengan jelas dan fokus pada perkembangan kemampuan individu, relevansi konteks, dan pemberian evaluasi yang konstruktif.

*Tulisan ini disajikan dari Materi mata Kuliah Sekolah islam Terpadu (SIT) Part 11: Teori Hasibuan; Sasaran (Tugas, 29 November 2024), Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. A. Rusdiana., M.M.

Thoriq Jabal Al Qubais. Lahir di Bandung, tanggal 12 Februari 2003. Merupakan anak ketiga dari empat bersaudara, pasangan Bapak Abdul Ghofur Ar Rahman dengan Ibu Nuryati.

Komplek Baleendah Permai Rt 04 Rw 25 No. 125, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Kontak yang di hubungi melalui no WhatsApp 089602967296, Instagram

pendidikan dasar di SD Galih Pawarti (2010-2016), kemudian melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Baleendah 2, kabupaten bandung (2016-2018) pendidikan menengah atas di Pondok Pesantren Al Basyariyah 2 cigopndewah hilir (2018-2021). Setelah itu saya melanjutkan studi perguruan tinggi di Universitas Islam Negri Bandung dengan mengambil prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline