Lihat ke Halaman Asli

TAMAN KEHATI AQUA WONOSOBO

PT Tirta Investama Wonosobo

Taman Keanekaragaman Hayati AQUA Wonosobo

Diperbarui: 18 September 2023   14:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peta Kawasan Taman Kehati AQUA Wonosobo - Dok. pribadi

TAMAN KEANEKARAGAMAN HAYATI WONOSOBO_22 Juli 2023_

Keanekaragaman hayati atau yang lebih dikenal dengan sebutan KEHATI merupakan keanekaragaman suatu ekosistem flora dan fauna di muka bumi berserta peran ekologisnya, yang meliputi keanekaragaman ekosistem, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman genetik. Keanekaragaman ini dapat membentuk suatu taman yaitu taman Keanekaragaman Hayati atau Taman Kehati.

Taman Keanekaragaman Hayati atau Taman Kehati merupakan kawasan untuk mencadangkan suatu sumber daya alam hayati lokal di luar kawasan hutan yang memilki fungsi konservasi in-situ dan ex-situ. Taman Kehati ini memelihara tumbuhan yang penyerbukan dan pemencaran bijinya harus dibantu oleh satwa, dengan struktur dan komposis vegetasinya untuk mendukung kelestarian satwa penyerbuk dan pemencar biji (Gunawan et al., 2019).

Di Kabupaten Wonosobo Propinsi Jawa Tengah terdapat Taman KEHATI yang pengelolaanya dilakukan oleh PT Tirta Investama (AQUA). Area tersebut berada di Kelurahan Kejiwan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Taman KEHATI ini memiliki luas 4,6 Hektare yang terbagi menjadi 4 blok dengan masing-masing luasan dan fungsinya.

Blok 1 dan 2 yang memiliki luas 1,53 dan 0,97 hektare difungsikan sebagai area konservasi dan perlindungan ekosistem, sedangkan untuk blok 3 dan 4 yang memiliki luas 0,28 dan 2,04 Hektare, selain difungsikan sebagai area konservasi, perlindungan ekosistem, area tersebut juga difungsikan sebagai area pemberdayaan masyarakat melalui implementasi inovasinya.

Untuk memastikan ekosistem yang ada di Taman Kehati PT Tirta Investama (AQUA) Wonosobo tetap terjaga, perusahaan melakukan monitoring yang dilakukan setiap tahun dengan melibatkan team yang kompeten dalam bidang tersebut. Dalam pengelolaanya, perusahaan bermitra dengan Lembaga pengelola lingkungan yaitu Yayasan Javlec Indonesia yang ber kantor di Jl. Kaliurang Km. 13 55581 Kabupaten Sleman D. I. Yogyakarta .

Apa yang dilakukan oleh PT Tirta Investama (AQUA) Wonosobo dan mitra Javlec dalam mengelola Taman Kehati?

Nantikan artikel selanjutnya.....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline