Lihat ke Halaman Asli

Thomson Cyrus

TERVERIFIKASI

Wiraswasta, blogger, vlogger

Siswa SMP Negeri 1 Narumonda Toba Raih Medali Emas Youth International Science Fair 2022

Diperbarui: 22 Maret 2022   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

facebook/Rikardo Hutajulu

Siswa SMP Negeri 1 Narumonda atas nama : Nadien Panjaitan, Wyndy dan Hilkya Daud Siahaan baru baru ini meraih Medali Emas di Youth International Science Fair 2022. Para siswa ini mengikuti perlombaan secara daring yang diikuti dari berbagai Negara. Nadien,Wyndy dan Hilkya mengikuti bidang Environment Science.

Para siswa ini melakukan penelitian berdasarkan kearifan local yang turun temurun dilakukan petani padi di daerah Toba dan sekitarnya. Dimana bila tiba saatnya menanam padi (marsuan) ada banyak nyamuk yang mengganggu para petani saat menanam padi. Nah, para petani biasanya mengoleskan daun Tuba Saba (Persicaria Maculosa) ke tangan dan nyamukpun tidak mengganggu tangan para petani saat menanam padi.

Berdasarkan pengalaman itu, Roy Siagian (Kepala Sekolah SMPN 1 Narumonda) mendorong anak didiknya untuk meneliti daun Tuba Saba ini menjadi Lotion Anti Nyamuk yang ekonomis. Dengan bantuan guru pendamping Donald P. Aritonang, ketiga siswa ini melakukan penelitian selama 3 bulan dengan berbagai latihan dan riset bersama tim.

facebook/Rikardo Hutajulu

Ketiga siswa ini bersama tim pendamping dengan teliti menemukan kandungan apa yang ada dalam daun Tuba Saba dan terus menguji coba untuk melihat efektifitasnya mengusir nyamuk. Nadien, Wyndy dan Hilkya berhasil membuat ekstrak daun Tuba Saba menjadi Lotion anti nyamuk dan di uji coba ke nyamuk yang puasa 24 jam. Hasilnya : Sangat Efketif.

Selain persiapan penelitian tentang Tuba Saba ini, pelajar juga dipersiapkan presentasi dalam Bahasa Inggris. Dewan Juri sangat tertarik dengan riset yang dilakukan oleh Nadien, Wyndy dan Hilkya ini dan tak ragu memberikan Medali Emas dalam bidang Environment Science pada Youth International Science Fair 2022.

facebook/Rikardo Hutajulu

Sebelumnya, Tim Pelajar yang berlomba ini diberangkatkan oleh Bupati Toba, Bpk Poltak Sitorus didampingi Plt Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga bpk Rikardo Hutajulu pada bulan oktober 2021 bersama tim KSN Nasional.

Roy Siagian adalah salah satu guru berprestasi di Toba, sudah beberapa kali membawa anak didiknya mengikuti berbagai perlombaan dan hasilnya cukup memuaskan. Sebelumnya dia membawa anak didiknya di SMPN Sigumpar.

Menurut Bpk Rikardo Hutajulu (Plt Kadis Pendidikan, Pemuda & Olahraga), siswa harus dibiasakan mengikuti berbagai kompetisi agar siswa terbiasa bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh siswa, para siswa akan mendapatkan ilmu dan pengalaman. Dengan demikian, otaknya akan terus diasah dan mereka akan memiliki pergaulan yang luas sebagai bekal masa depannya kelak.

Selamat kepada Nadien Panjaitan, Wyndy dan Hilkya Daud Siahaan atas Medali Emas nya pada Youth International Science Fair 2022.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline