Lihat ke Halaman Asli

Thomas Panji

TERVERIFIKASI

Content Writer

Swaragama FM, Lebih dari Sekadar Radio

Diperbarui: 10 September 2022   17:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo resmi milik Swaragama FM | swaragamafm.com

Selama 19 tahun berkarya, Swaragama FM terus bertumbuh menjadi radio yang lebih dari sekadar radio.

Radio, salah satu media massa yang masih eksis hingga pada hari ini. Sebagai media massa, radio sangat erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi, hiburan dan pendidikan (Uchjana, O. 2003:137-138). 

Meski radio masih eksis hingga saat ini, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ukurannya sebagai media massa konvensional kurang setara dengan televisi, yang notabene jauh lebih kompleks dan kaya dalam hal produk medianya, karena televisi dapat menyuguhkan sifat "auditif" dan "visual" sekaligus, yang tentunya juga didukung oleh teknologi media siaran yang terus berevolusi.

Di era ini, radio sudah mengalami begitu banyak perubahan dan bentuk yang tentunya disesuaikan dengan pangsa pasar pendengarnya. Tidak mengherankan jika dikemudian hari kita dapat menemukan ada begitu banyak stasiun radio yang mulai menyiarkan berbagai konten dengan topik yang sangat spesifik, seperti radio wanita, radio rohani, radio anak muda, radio desa dan lainnya. 

Sporadisnya stasiun radio, utamanya radio swasta menjadi bukti kuat bahwa persaingan media lewat bisnis radio masih dipandang sebagai prospek yang cukup menjanjikan. Beberapa strategi pemasaran dan produksi konten yang dilakukan oleh banyak radio swasta pun sangat beraneka ragam dan cukup kreatif. 

Sebagai contoh kecil, saat ini ada banyak begitu banyak stasiun radio komersil yang mulai melebarkan sayapnya dengan tidak hanya menjual produk siaran mereka saja. Namun, mereka kini jutsru mulai berinovasi dengan membuat beraneka ragam konten di media sosial, seperti konten video kreatif di Youtube, konten siniar di Spotify, dan lainnya. 

Selain mulai melebarkan sayap ke arah konvergensi dan inovasi konten, banyak dari stasiun radio swasta perlahan juga mulai menjual produk-produk media mereka dalam bentuk yang lebih beraneka ragam, seperti siaran radio visual, produk majalah, sekolah kursus radio, sekolah master of ceremony, agensi perikalanan, dan lainnya dapat menjadi beberapa hal lain yang dilakukan oleh banyak stasiun radio swasta hari ini untuk semakin memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar serta pengaruh yang lebih besar. 

Salah satu satsiun radio swasta yang telah mantap melakukan berbagai inovasi dan pengembangan tersebut adalah Swaragama FM. Swaragama FM adalah salah satu stasiun radio yang berada dibawah naungan induk perusahaan PT Radio Swara Gadjah Mada dan menjadi salah satu radio anak muda pertama di Provinsi D. I Yogyakarta yang pada awal perkembangannya sekitar tahun 2002 berhasil menyabet penghargaan sebagai radio yang kontennya erat dengan gaya hidup anak muda saat itu. 

Di umurnya yang telah menginjak 19 tahun, Swaragama FM saat ini tidak hanya berfokus pada bisnis siaran radio saja. Dengan strategi pemasaran yang ciamik dan didukung oleh semangat kapitalis yang tinggi, bisnis media mereka saat ini juga merambah pada berbagai sektor usaha lain, seperti pendidikan, event organizer, majalah, dan hingga stasiun radio baru.

Pengertian Ekonomi Politik Komunikasi dan Spasilisasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline