Lihat ke Halaman Asli

Thomas Firdiansah

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Penerapan Manajemen Mutu & Quality Control AICE

Diperbarui: 4 Desember 2023   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Dalam kunjungan KKL yang di adakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dari program studi Manajemen kemarin, kami mampir di salah satu perusahaan es-krim yang termasuk dalam golongan merek es-krim terbaru. Dalam kunjungan tersebut banyak hal menarik yang menjadi perhatian Saya, khususnya penerapan mutu dalam sistem produksi dan inovasi produk.

Dari hasil wawancara dan pengamatan yang saya lakukan, mayoritas pekerjaan sudah banyak menggunakan alat mesin guna mengevisiensi waktu dan cost production. Dari hal tersebut lah yang menjadi alasan selain rasa es-krim yang enak, harga es-krim ini termasuk golongan yang cukup murah. Hal itu khususnya mereka dapatkan dari penekanan waktu dan cost production. 

Selain proses produksi yang menarik, penerapan manajemen mutu yang mereka lakukan juga patut diacungi jempol. Mereka mempunyai siklus Manajemen Mutu yang cukup baik dari pengawasan Saya. Saya mencoba bertanya kepada Tour Guide khusus yang di pekerjakan karyawan. "Bagaimana cara penerapan mutu pada perusahaan AICE ini mbaa?" tutur saya. Tour Guide itu menjawab dari pertanyaan saya dengan cukup rinci.

Saya menyimpulkan jika dalam peningkatan mutu produk, perusahaan ini melakukan inovasi dengan melakukan riset dari target pasar yang akan di incar. Contohnya, saat ini AICE mempunyai target ekspansi ke Thailand, mereka melakukan riset pasar yang akhirnya menemukan mayoritas masyarakat Thailand memiliki kegemaran memakan ice-cream dengan rasa pedas. Dari situ muncul lah ide yang nantinya dapat dikembangkan melalui proses dari tim R&D. Setelah proses itu selesai baru lah dilakukan uji produk kepada beberapa masyarakat Thailand. Dalam tahap ini barulah dapat diketahui apakah produk tersebut sesuai atau tidak. Jika tidak sesuai barulah masuk ke tahap evaluasi produk yang nantinya akan diproses kembali oleh tim R&D.

Jika dinilai dari proses produksi, untuk menjamin kualitas produk tetap konsisten, pihak AICE memiliki akses Quality Control yang cukup ketat. Hal itu dimulai dari pengecekan by sytem (melalui mesin) ataupun pengecekan langsung oleh pegawai secara berkala. Dengan harapan dalam melakukan hal tersebut, dapat memenuhi ekspetasi pelanggan. Pelanggan yang puas tentunya merupakan sebuat impian suatu bisnis/usaha atau perusahaan.

Selain itu Aice Group, produsen es krim asal Singapura, telah memenangkan banyak penghargaan mutu, diantaranya:

  • Top Brand Award dan Top Brand for Kids: Aice memenangkan penghargaan ini selama lima tahun berturut-turut.
  • Superbrands Award: Aice memenangkan penghargaan ini untuk ke-4 kalinya secara berturut-turut.
  • Produk Halal Pendatang Baru Terbaik: Aice memenangkan penghargaan ini dari LPPOM MUI.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline