Lihat ke Halaman Asli

Thomas Dida Avrihansyah

Bukan penulis murni, hanya menulis berdasarkan pengalaman

Tradisi Ngupat dan Ngaleupeut: Ciri Khas Blok Kupat RW 13 Kelurahan Babakan Bandung

Diperbarui: 24 Agustus 2022   10:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandung - Ketupat dan leupet adalah makanan yang menjadi ciri khas di hari raya Idul Fitri bagi umat Muslim. Biasanya orang-orang hanya membuat ketupat di bulan Ramadhan menjelang idul Fitri.

Namun, berbeda dengan Blok Kupat yang berlokasi di RW13 Kelurahan Babakan. Di daerah tersebut mata pencaharian utama warganya adalah dengan memproduksi ketupat dan leupet.

“Disini mah setiap hari buat ketupat untuk dijual dan dieksport keluar,” Kata Ibu Neni selaku ketua RT 06 di Blok Kupat.

Warga Blok Kupat biasanya membuat kupat dari bahan mentah hingga siap untuk disantap. Harga jualnya mulai dari Rp 8,00 – Rp 1,000.

“Kalau hari Lebaran, kalau jualannya lagi bagus paling dikit biasanya nerima pesanan sampai  5000 buah ketupat,” Tutur Pak Topa selaku pengrajin Ketupat di Blok Kupat.

Awal dari membuat ketupat atau leupet adalah membuat cangkang atau wadahnya terlebih dahulu. Wadah tersebut terbuat dari daun kelapa muda atau biasa disebut janur. Daun ini biasa didapatkan dari daerah Cianjur dan Tasikmalaya.

Dokpri

Setelah daun janur dipotong, dimulailah proses pembuatan wadah ketupat. Prosesini membutuhkan keahlian khusus dan kecekatan tangan untuk membentuk wadah ketupat.

Jika wadah sudah siap, tahap selanjutnya adalah memasukkan beras ke wadah tersebut. Beras yang digunakan biasanya adalah beras Vietnam . Alasan beras jenis tersebut digunakan adalah karena lebih pulen dibanding beras biasa.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline