Lihat ke Halaman Asli

Thian Hendrawan

Guru Kelas SDN 1 Batukaras

Jurnal Refleksi Dwimingguan Lokakarya 7 Hasil Belajar Pendidikan Guru Penggerak

Diperbarui: 17 April 2023   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Grand Hotel Aquarium Pangandaran

Kunjungan dari Kadis Disdikpora

Kegiatan Guru Penggerak ditutup dengan mengadakan kegiatan Lokakarya 7 yang di selenggarakan di Grand Hotel Aquarium Kab. Pangandaran Pada hari Jumat & Sabtu tgl 14 dan 15 April 2023. Dengan tempat sangat representatif tersebut tentu memberikan kesan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan. Dengan lokasi tersebut juga menunjukan perhatian lebih dari Disdik terhadap guru penggerak. Kalau melihat lokasi Lokakarya 7 di kab. lain pada saat kegiatan CGP angkatan 6 tentu hanya di Pangandaran yang tempat lokakaryanya di Hotel. 

Teknik Refleksi yang akan digunakan pada jurnal kaliini yaitu 4 F ( Fact, Feeling, Finding dan Future)

1. Fact ( Peristiwa )

Kegiatan lokakarya 7 dilaksanakan selama 2 hari. Hari Pertama di isi kegiatan kelas belajar calon guru penggerak yang dimulai dengan evaluasi program pendidikan guru penggerak, berbagi aksi nyata, berbagi dampak positif, dan persiapan hasil program. di tahap ini CGP mempresentasikan hasil aksi nyatanya kepada rekan kelompok dan kelompok lain menanggapinya. Kemudian dilanjut dengan Evaluasi program pendidikan guru penggerak. Setiap CGP memberikan umpan balik terhadap sumber belajar, fitur LMS, media ajar sampai kinerja pengajar praktik dan fasilitator. Setiap CGP menulis umpan balik didalam sticky note kemudian di tempel di papan plano dengan waktu 5 menit setiap plano. 

Kegiatan berbagi dampak positif, dilaksanakan dengan menuliskan dampak dari PGP terhadap Kepala Sekolah, guru, murid, orang tua dan pengawas yang dituliskan dalam papan plano.  Kegiatan hari pertama di akhiri dengan persiapan pameran hasil program.  Pada jam 13.00 saya didalam kelompok mempersiapkan stand pameran. Tahap ini saya berkolaborasi, berbagi ide, saling mengevaluasi pameran yang akan disusun secara kolaboratif.

Hari Kedua, dimulai dengan agenda Pembukaan dari perwakilan BBGP provinsi Jawa Barat, kemudian dilanjutkan sambutan dari Kadis disdikpora, dan Panitia Satker Kab. Pangandaran. Pada Sambutan kali ini perwakilan BBGP provinsi memaparkan " seorang  Guru memiliki 4 kompetensi guru, yaitu kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial, namun ada tambahan kompetensi bagi guru salah satunya kompetensi pembuatan keputusan,   daya lenting dan sebagainya. Kemudian sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pangandaran beliau memaparkan " Kalau setelah PGP cara mengajarnya tidak berubah percuma pendidikan lama di PGP tidak merubah cara belajar guru".

Sesi ke 2 dilanjutkan dengan berbagi kelas berbagi, untuk Kelas berbagi di isi penyampaian hasil belajar selama 6 bulan oleh perwakilan 3 CGP. Pertama oleh Nurisman Ali, S,Pd.i CGP dari guru PAI SD beliau menjelaskan Rancangan Program "Beriman dan bersinergi", Penampilan ke 2 dari Ipan Jenab Barus, perwakilan dari CGP Guru Bahasa Indonesia SMP. Beliu memaparkan " Hal- hal yang dipelajari selama PGP, dan Penampilan terakhir dari Bu Wisma. Beliau memaparkan Program Kegiatan " ODIE" One Days English. Dimana Program ini mengharuskan setiap warga sekolah menggunakan Bahasa Inggris selama satuhari"

Kegiatan selanjutkan tanya jawab dengan peserta lokakarya. Pada kegiatan tanya jawab para peserta sangat antusia bahwa keberadaan CGP akan membawa perubahan pendidikan di kab. pangandaran menjadi lebih baik lagi. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan Pameran hasil program yang ditata disetiap stand kelompoknnya. Setiap pengunjung dipersilahkan mengunjungi stand masing- masing kelompok dan memberikan umpan balik terhadap program yang dipajang di masing- masing stand.

Dipenghujung kegiatan CGP memberikan refleksi terhadap kegiatan ini, kemudian para pengunjung memberikan testimoninya melalui rekaman video dan diakhiri dengan foto bersama.

Poto Bersama

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline